Hamka B. Kady: ATCS Harus ki Menjadi Media Edukasi Kepada Pengendara

25 January 2020 17:57
Hamka B. Kady: ATCS Harus ki Menjadi Media Edukasi Kepada Pengendara
Program yang ini dibuat untuk melakukan proses adukasi dan pengawasan terhadap masyarakat pengendara khususnya disimpang-simpang lampu merah jalan protokol yang rawan kemacetan

 

BugisPos — Jumat 24 Januari 2020, Hamka B. kady anggota DPR RI Komisi V fraksi partai Golkar melakukan peninjauan terhadap program Area Traffic Control System (ATCS) yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Makassar dibawah koordinasi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Provinsi Sulsel-Bar.

Program yang ini dibuat untuk melakukan proses adukasi dan pengawasan terhadap masyarakat pengendara khususnya disimpang-simpang lampu merah jalan protokol yang rawan kemacetan.

Hamka B. Kady yang terpilih didapil Sulawesi Selatan 1 yang diantara Kota makassar sangat mendukung program ini karena program ini melibatkan peran daripada Teknologi Informatika (TI) yang bisa membantu memberi edukasi kepada para pengendara.

“Tadi saya diperlihatkan dilayar monitor bagaimana operator menegur langsung pengendara yang berhenti dan melangar garis zebra cross lewat mic yang terkonek langsung dengan dengan pengeras suara yang berada disimpang lampu merah di Jalan Bawakaraeng. Tentu ini bisa menjadi media edukasi kepada pengendara untuk lebih mematuhi aturan lalu lintas” Tuturnya

Adapun Area Traffic Control System (ATCS) ini berkantor didinas perhubungan kota Makassar yang terletak di jalan Mallengkeri Kota makassar.
Pada kesempatan kali ini, Dalam kunjungannya Hamka B. Kady didampingi kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Provinsi Sulsel-Bar Supriyo Adi Pracoyo dan Beberapa pegawai teras Dinas perhubungan Kota Makassar.

“Dari 19 simpang baru 4 yang kami bisa koneksikan yakni di Jalan Veteran-Landak, Jalan Bawakaraeng-Gunung Latimojong, Jalan Veteran-Kerung-kerung, dan Jalan Veteran-Bawakaraeng, kemudian tiap simpang ini akan di lengkapi 5 CCTV pada setiap simpangnya. Kemudian perlu kami sampaikan bahwa Program ini hadir dari anggaran APBN yang dibantu oleh bapak Hamka B. kady, tentu Kami berharap agar terus mendapat dukungan dari beliau selaku Anggota komisi V dan Anggota Badan Anggaran dalam hal aturan dan penganggarannya sehingga program ini bisa kita tingkatkan dan maksimalkan ditahun yang akan datang” tutup kepala Balai Supriyo Adi Pracoyo.

Sekedar diketahui Penataan ritme lalu lintas akan lebih baik apabila menerapkan teknologi Area Traffic Control System (ATCS) pada semua persimpangan lalu lintas yang ada disebuah kota .

ATCS adalah sebuah sistem pengaturan lalu lintas bersinyal terkoordinasi yang diatur mencakup satu wilayah secara terpusat, dengan ATCS maka dapat dilakukan upaya manajemen rekayasa lalu lintas yang mengkoordinasikan semua titik-titik persimpangan bersinyal melalui pusat kontrol ATCS, sehingga diperoleh suatu kondisi pergerakan lalu lintas secara efisien.

Teknologi ATCS sendiri telah banyak diterapkan di berbagai kota-kota besar di negara-negara maju. Dengan ATCS, penataan siklus lampu lalu lintas dilakukan berdasar input data lalu lintas yang diperoleh secara real time melalui kamera cctv pemantau lalu lintas pada titik-titik persimpangan. (r/Adhy)

Editor : Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya