Keren ki Peduli Lingkungan Hidup di Sulsel

05 February 2020 19:59
Keren ki Peduli Lingkungan Hidup di Sulsel
Liestiaty F. Nurdin memberi sambutan

 

BugisPos — Bertempat di Phinisi Point Mall dilaksanakan acara lingkungan hidup dengan tema kemitraan menjaga bumi (recycle for lifecycle) pada Rabu (05/02/2020).

Acara ini dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan mewakili Gubernur Sulsel, Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 KLHK, Ketua DPRD Sulsel, Ketua TP PKK Sulsel, Kadis PLH Sulsel, Walikota Makassar, Konsulat Jenderal Australia, sejumla pejabat, sejumlah komunitas pemerhati lingkungan, suasana yang meriah dengan penuh semangat dari seluruh peserta.

Acara ini terselenggara atas kolaborasi TP PKK, IWAPI, DPLH provinsi dan kabupaten kota serta mitra lingkungan lainnya.

Dalam acara tersebut Ketua Umum IWAPI Sulsel, Ida Noer Haris dalam laporan menyampaikan acara ini intinya adalah kampanye anti sampah plastik dan tertib tatakelola sampah di Sulsel termasuk sejumlah agenda yang bertema lingkungan yang ramah dan berkelanjutan selama 5 hari.

Ketua TP PKK Sulsel, Liest F Nurdin, M.Fish dalam sambutannya menekankan kembali say no plastic.

“Keren ki tauwwa Sulsel, baik itu di lingkungan perkantoran dan juga rumah tangga, gunakan thumler dan tas belanja, tidak hanya itu tapi juga hemat energi pencemaran microplastik itu harus kita jaga, pencemaran udara harus kita jaga, kurangi penggunaan tissu, himbauan penghijauan tanam pohon terus dilanjutkan, mari kita jaga lingkungan kita,” pesannya.

Pada kesempatan itu juga Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah, Rosa Vivien Ratnawati, SH, M.Sc dalam sambutan mengatakan bahwa paradigma sampah dari kumpul, angkut, buang berubah menjadi sampah itu adalah bernilai ekonomi.

“Kita prihatin terhadap sampah plastik yang terbuang kelaut lalu dimakan ikan yang kita makan setiap hari- lanjut ia sebut tatakelola sampah itu pendekatan reduce, recycle, reuse of high teknology, mari kita bersama jaga bumi,” jelasnya.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Drs Muh. Firda, Msi dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemprov Sulsel berkomitmen untuk tertib sampah dan pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan itu sudah kita tuangkan dalam RPMD 2018-2023 serta Sulsel akan kita jadikan salah satu daerah percontohan dalam pengelolaan sampah yang moderen.

Kadis PLH Sulsel, Andi Hasdullah mengatakan menjawab media mengatakan bahwa tema lingkungan kali ini yaitu kemitraan menjaga bumi sebuah acara peduli lingkungan yang memuat pesan kepada semua orang untuk cinta dan peduli lingkungan hidup yang sehat, nyaman, ramah dan berkelanjutan.

“Kita berharap pesan agenda ini menular dan terdengar ketempat lain sehingga terbangun kesadaran peduli lingkungan untuk hari ini dan masa yang akan datang- mari kita jaga bumi kita,” pungkasnya.(one)

Editor : Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya