Hayat Gani : Komisaris Bank Sulselbar itu, ya Kita Liat

07 February 2020 14:31
Hayat Gani : Komisaris Bank Sulselbar itu, ya Kita Liat

BugisPos —  Kabar yang menginformasikan tentang sikap Lembaga Pemantau Perkankan dan Peusahaan Daerah Indonesia Sulawesi (LP3DIS) media Suaracelebes.com pada 1/2/20 lalu, cukup menghebohkan publik di Sulsel.

Persoalannya, LP3DIS dikabarkan mendesak Gubernur Nurdin Abdullah dan Komisaris Utama PT Bank Sulselbar Abd.Hayat Gani, agar mengganti salah seorang Komisaris Independen, yakni Muhammad Amri. 

Direktur Eksekutif LP3 DIS, Thareq Dwi Ch Umam menegaskan, pihaknya banyak menerima keluhan dari beberapa karyawan Bank Sulselbar terkait keberadaan Komisaris Independen Muhammad Amri.

“Yang bersangkutan banyak dikeluhkan beberapa pegawai dan karyawan atas sikapnya yang seolah olah dia penguasa tunggal di Bank ‘plat merah’ tersebut.

Dijelaskan, sebagai Komisaris Independen perwakilan dan utusan pemegang saham terkecil seharusnya melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemegang saham pengendali dan Komut sebagai wakil dari pemegang pengendali yakni Gubernur Sulsel. Bukan lantas seluruh kebijakan dan keputusan semuanya harus persetujuan yang bersangkutan.

Menurut Thareq, terdapat beberapa nama yang dinilai layak menduduki komisaris independen, di antaranya ada nama Yanuar Fachrudin yang memiliki pengalaman dan pernah menjabat sebagai salah satu direksi di Bank Sulselbar.

“Yanuar Fachrudin bersyarat untuk menduduki Komisaris Independen karena selain memahami tugas dan tanggung jawab selaku komisaris, juga pernah menjabat selaku direksi di Bank tersebut, sehingga kemampuannya sudah tidak diragukan lagi,” tegas Thareq.

Lebih jauh ditegaskan, dalam pengambilan keputusan, seharusnya dikomunikasikan dengan Komisaris Utama sebagai pihak yang disetujui untuk menduduki jabatan tertinggi di Bank Sulselbar melalui RUPS, sehingga seharusnya semua keputusan berada ditangan Komut yang terlebih dahulu mengkonsultasikan kepada pemegang saham pengendali, bukan Komisaris Independen yang harus memutuskan segala sesuatunya, apalagi kalau ada keputusan yang bersifat kebijakan.”Komut harus segera mengambil peran dalam menentukan kebijakan di Bank Sulselbar,” tegas Thareq.

Komisaris Utama Bank Sulselbar, Abd. Hayat Gani, yang juga Sekda Pemprov Sulsel, saat dikonfirmasi BugisPos via WA, Kamis, 6/2/20, dengan singkat mengatakan ; “Ya kita liat”

“Dari kalimat tersebut sepertinya mengisyaratkan, bahwa Hayat Gani akan melakukan evaluasi terhadap anggota komisaris dimaksud” kata salah seorang pegawai Bank Sulselbar bernada mengira-ngira.

Hingga berita ini dipublis, Muhammad Amri belum berhasil dikonfirmasi (adi)

Editor : Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya