17 Pebruari 2020, Tahun Keempat mi Kepemimpinan Bupati Andi Sukri dan Wabup Tomy Satria

17 February 2020 19:59
17 Pebruari 2020, Tahun Keempat mi Kepemimpinan Bupati Andi Sukri dan Wabup Tomy Satria

 

BugisPos.- Tak terasa hari ini, Senin 17 Februari 2020, tepat empat tahun kepemimpinan Bupati AM Sukri Sappewali dan Wakil Buparti Tomy Satria Yulianto, periode 2016 -2021. Keduanya dilantik di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, artinya masa pemerintahan keduanya akan berakhir pada 17 Pebruari 2021 mendatang.

Pasangan yang dikenal dengan tagline ST15 ini ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang Pilkada pada 2015 silam dengan perolehan 60.517 suara, dari lima kandidat calon bupati yang mengikuti kontestasi demokrasi saat itu.

Empat tahun menahkodai Kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi, tentu tidak bisa dikatakan baik-baik saja. Kritikan dan masukan terus mengalir selama pemerintahan periode ini, meski menoreh berbagai penghargaan di berbagai bidang.

Namun demikian, tentu banyak hal yang telah dilakukan oleh pemerintahan A.Sukri – Tomy selama di tahun ke empat. Dan tentunya Visi dan Misi Andi Sukri-Tomy diharapkan dapat terealisasi hingga 80 persen, yang tentunya tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama seluruh elemen, khususnya dari lembaga legislatif dan masyarakat Kabupaten Bulukumba.

Beberapa capaian yang dapat disebutkan, seperti hadirnya Public Safety Center (PSC) 119 yang merupakan layanan kesehatan yang terjuun langsung ke rumah-rumah warga. Cukup dengan menghubungi hotline telepon 119. Di sektor pertanian, pemerintah menghadirkan dan menyalurkan 2 ribu hektare asuransi pertanian bagi  petani yang gagal panen.

Selain itu, Pemerintah saat ini juga berhasil menekan angka kemiskinan. Angka tersebut menurun dari tahun 2015 pada angka 9,15 persen menuju angka 7,26 persen di tahun 2019.

Bupati Bulukumba AM. Sukri A.Sappewali pada beberapa kesempatan menyampaikan ada 25 program prioritas yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021. Program prioritas tersebut, adalah penjabaran dari visi dan misi saat menjadi peserta Pilkada 2015 yang lalu.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Feryyawan Fahmi, menyebut, jika 25 program yang tertuang di dalam RPJMD 2016-2021, sudah hampir terpenuhi.

“Terkait pembangunan museum dan gedung kesenian, telah dialokasikan anggarannya di tahun 2020 ini.  Dan yang terpenting di tahun 2020 ini telah di alokasikan dana kelurahan bagi 20 kelurahan di Kabupaten Bulukumba,” ungkap Feryyawan.

Di sisi lain, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengakui, Di masa pemerintahannya bersama AM Sukri Sappewali masih banyak hal yang perlu diselesaikan bersama. Ia mengaku bahwa dirinya bersama Bupati Bulukumba, bukanlah pemimpin yang sempurna.

“Tidak ada pemimpin yang ingin dihujat oleh rakyatnya. Itulah sebabnya kami senantiasa bekerja keras untuk memastikan program kegiatan akan kami teruskan dalam sisa waktu periode ini yang akan berakhir pada tahun 2021,” kata Tomy.

Menurutnya, di masa pemerintahannya lebih banyak memperbaiki pelayanan dasar sebagai bagian merespon keinginan masyarakat agar lebih dekat. Hal tersebut mendapat pengakuan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai Pemerintah Kabupaten yang menempati posisi 8 dengan Kinerja Tertinggi secara nasional.

Dengan empat tahun kepemimpinannnya, Andi Sukri-Tomy tetap memohon doa dan dukungan masyarakat, agar sisa 1 tahun masa pemerintahannya bisa diselesaikan dengan baik. –

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya