Pemprov Sulsel Berikan ki Trophy Proper 48 Perusahaan Ramah Lingkungan

18 February 2020 20:03
Pemprov Sulsel Berikan ki Trophy Proper 48 Perusahaan Ramah Lingkungan
Sekretaris Daerah DR. Abdul Hayat Gani, MSi menyerahkan tropy dan sertifikat

 BugisPos — Hasil Program Penilaian Kinerja Perusahaan (PROPER) terhadap lingkungan yang ramah dan berkelanjutan di Sulsel tahun 2018 – 2019 berdasarkan keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 1049/MENLHK/SETJEN/PKL.4/12/2019 menetapkan lima perusahaan memperoleh peringkat hijau masing-masing PT. Vale Undonesia tbk, PT. Semen Tonasa, PT. Pertamina DPPU Hasanuddin, PT. Pertamina TBBM Palopo Luwu, PT Pertamina TBBM Makassar dan sisanya sebanyak 29 perusahaan lainnya yang dapat peringkat biru.

Keseluruhan perusahaan di Sulsel yang mendapat pengharagaan sejumlah 48 perusahaan. Berlangsung di Ruang Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang diwakili Sekretaris Daerah DR. Abdul Hayat Gani, MSi menyerahkan tropy dan sertifikat kepada perusahaan baik klasifikasi peringkat hijau sebanyak 5 perusahaan maupun terhadap 29 perusahaan peringkat biru pada Selasa (18/2/2020).

Penyerahan trophy proper berlangsung dengan penuh semangat yang dihadiri dari sejumlah pimpinan perusahaan besar di Sulsel, dihadiri Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Wilayah Sulawesi Dodi Kurniawan STP, MH, Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemintraan Lingkungan Wilayah Sulawesi dan para undangan lainnya.

Abdul Hayat dalam sambutan mengatakan bahwa memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada perusahaan yang telah dinyatakan berkinerja baik terhadap pengelolaan lingkungan yang baik dan berkelanjutan. “Gubernur NA meminta agar perusahaan yang ada di Sulsel terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, membuka lapangan kerja dan ikut terus mendorong percepatan pembangunan di Sulsel,” ungkapnya.

“Kehadiran para perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang di Sulsel itu turut mendorong hadirnya kesejahteraan masyarakat dan tak kalah pentingnya adalah menatakelola perusahaan dengan menjaga lingkungan yang ramah dan berkelanjutan, ikut serta memperkuat pengelolaan pengembangan hayati dan pemberdayaan masyarakat- bahkan pertumbuhan ekonomi sulsel 7.2 persen diatas nasional 5.1 persen serta inflasi diangka terkendali 3.1 persen itu karena adanya kontribusi dan para investor yang bergerak dalam berbagai bidang di Sulsel,” papar Hayat Gani.

Kadis Pengelolaan Lingkungan Hidup Ir. Andi Hasdullah, M.Si menjawab pertanyaan media mrngatakan bahwa award proper ini adalah anugerah bergensi bagi tatakelola usaha yang ramah lingkungan berkelanjutan.

“Karena hasil proper itu diumumkan ke ruang publik termasuk pasar sehingga usaha yang berprestasi lingkungan itu tidak saja dapat penghargaan dari pemerintah tapi juga dapat penghargaan dari masyarakat dan pasar, begitu juga sebaliknya jika tak usaha itu tak peduli lingkungan maka akan dihukum secara sosial ekonomi dari masyarakat,” terangnya.

Hasdullah meminta dan mendorong kepada para perusahaan untuk naik kelas peringkat. “Kita minta yang dapat merah naik jadi biru lalu naik jadi hijau dan sampai dapat top gold/ emas proper, kita akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tatakelola usaha yang tidak hanya berorientasi profit semata tapi juga berorientasi lingkungan yang baik dan berkelanjutan,” Kunci Hasdullah

Editor : Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya