Iqbal Suhaeb : Banyak ki Investor Jepang Tertarik ke Makassar

21 February 2020 21:55
Iqbal Suhaeb : Banyak ki Investor Jepang Tertarik ke Makassar

 

BugisPos –Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb memperlihatkan antusiasme yang tinggi terhadap persiapan penyelenggaran “Smart City Conference with JASCA in Makassar 2020”.

Hal ini terlihat saat melakukan pertemuan dengan sejumlah delegasi Japan Association for Smart Cities in ASEAN (JASCA) di rujab Walikota Makassar, Jumat (21/2/2020).

Menurut Iqbal, tidak kurang 26 perusahaan ternama Jepang sudah terkonfirmasi akan datang ke Makassar dan melakukan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Kota Makassar terkait sejumlah bidang, baik lingkungan, kesehatan, maupun pendidikan.

“Hari ini kami bertemu dengan perwakilan JASCA membicarakan persiapan konferensi, termasuk mematangkan sejumlah agenda pertemuan antara private sector Jepang dengan sejumlah OPD kita” ungkap Iqbal.

Sementara itu, Miharu Hosono, Urban Regional Planning Group Oriental Consultans Global usai melakukan pertemuan dengan Iqbal Suhaeb menjelaskan sejumlah alasan dari private sector Japan untuk datang ke Kota Makassar.

“Makassar salah satu kota terbesar di Indonesia, dan kami melihat semangat yang begitu besar untuk menjadi kota yang lebih cerdas dengan membuka keterhubungan secara internasional. Tadi kami sudah berbicara banyak dengan pak walikota, termasuk menyusun agenda penting yang nantinya akan di bahas pada konferensi” ujar Miharu.

Dalam konferensi nanti, sejumlah OPD kota Makassar akan disiapkan untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan private sector Jepang diantaranya PDAM kota Makassar, Dinas Kominfo Makassar, Dinas Perhubungan Kota Makassar, Dinas Kesehatan Kota Makassar, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, dan beberapa instansi lainnya.

Smart City Conference with JASCA in Makassar 2020 agar digelar tanggal 27-28 Februari 2020. Kegiatan ini di inisiasi Pemkot Makassar bersama dengan Japan Association for Smart Cities in ASEAN (JASCA). Kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Jepang, dalam hal ini Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang serta beberapa Kementerian RI, dan juga Pemerintah Propinsi Sulsel. Sejumlah stekholder diundang diacara ini, diantara l nya para rektor dari kampus besar di Indonesia Timur, perwakilan pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi Sulsel, kepala daerah, perusahaan lokal, dan juga komunitas kreatif di Kota Makassar.

Dalam pertemuan ini, Iqbal Suhaeb didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali beserta seluruh jajarannya.

Penulis : (r/sriastuti)

Editor : Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya