Pantas Bintang dan Alaska tidak Tutup, Himbauan ji pade

02 April 2020 10:23
Pantas Bintang dan Alaska tidak Tutup, Himbauan ji pade
Toko Bintang yang masih buka meski sudah ada himbauan.

BugisPos — Terkait Surat Himbauan Pemkot Makassar melalui Dinas Perdagangan Kota Makassar dengan nomor : 800/0575/DISDAG/IV/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Khusus untuk Pelaku Usaha Terhadap Resiko Penularan Virus Covid 19 tertanggal 01 April 2020, yang ditujukan kepada Toko Alaska, Toko Bintang dan Toko Satu Sama terkait himbauan penutupan sementara ketiga toko tersebut menuai tanggapan dari beberapa pihak karena ketiga toko tersebut terkesan abai dengan SOP penyebaran Virus Corona.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Drs. H. Andi M. Yasir, M.Si memberikan penjelasan pada grup WhatsApp Sahabat BugisPos pada Kamis (02/04/2020) terkait polemik diatas. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

“Tabe, izin menjelaskan sebagai yg bertanda tangan disurat tsb.
Pertama, Surat kami hanya bersifat himbauan.
Kedua, dari ketiga tempat apalagi toko yg berada pada jalan Kakak Tua (Satu Sama) sangat tdk memenuhi Physical Distancing.
Ketiga, kami selalu melakukan evaluasi atas kebijakan yg kami keluarkan.
Keempat, dalam rangka memotong mata rantai wabah COVID-19, kami intens melakukan komunikasi dan kordinasi dengan APERINDO (Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia) Sulawesi Selatan.
Hasil komunikasi/ kordinasi sampai pukul 23 wita tadi malam, sbb:
Bahwa toko tetap buka dengan catatan, bahwa:
Toko berjualan sembako/bahan makanan tetap buka namun wajib menerapkan SOP Physical Distancing terhadap seluruh pegawai dan operasional toko, juga SOP Physical Distancing bagai costumer sehingga tercipta perlindungan baik pekerja itu sendiri maupun kosumen/costumer.

Saran serta masukan dari Bapak dan Ibu senantiasa kami harapkan.

Dengan doa kita semua, semoga Allah segera mengangkat dan menghapus wabah yg sedang kita hadapi, Amin YRA.

Hormat kami selalu,
Saya
Andi Muh. Yasir
Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar

Terkait pertanyaan BugisPos tentang pengawasan kepada Toko Satu Sama A. M. Yasir menjelaskan, “tabe, inilah yg kami minta kepada Asosiasi mereka (APERINDO).
Secara tegas, saya menyampaikan APERINDO untuk segera mengedukasi dan jadikan percontohan Satu Sama.
Kami juga mengharapkan partisipasi dari masyarakat utk melakukan pengawasan terhadap hal seperti ini.”

“Untuk Toko Non Food kami sarankan dan himbau untuk membatasi jam operasional sampai pukul 12.00 wita.
Tabe’ utk difahami bersama bahwa ada komponen yang sangat krusial untuk mendapatkan perhatian, yaitu keamanan (kesehatan) pekerja dan keamanan (kesehatan) Konsumen/Costumer/pengunjung Ndi’, jelasnya.

“Terkait Physical Distancing, paling tidak ada beberapa hal:
1. Menjaga jarak antara pengunjung yg satu dan yg lainnya.
2. Antrian di kasir wajib utk diperhatikan.
3. Troly yang telah digunakan utk disterilisasi kembali
4. Karyawan yang masuk untuk mulai bekerja perlu di disinfektan tentunya disinfektan yg aman bagi manusia (bukan disinfektan utk benda mati) plus westafel.
5. Begitu pula pengunjung disiapkan minimal hand sanitizer (ada pegawai yg ditugasi utk hal itu) dan lain sebagainya.
Tabe, saya ulangi ada dua komponen yg harus kita jaga yaitu para pekerja toko dan konsumen/pengunjung.

Terkait desakan beberapa pihak yang menuntut penutupan Toko Alaska dan Bintang yang non food, hingga berita ini dimuat belum dijawab oleh Kadis Perdagangan.

Beragam komentar terkait hal ini, karena kebijakan yang dikeluarkan Dinas Perdagangan Kota Makassar dianggap sangat diskriminatif, salah satunya pelaku usaha dibilangan Toddopuli atas nama Andis mengeluhkan bahwa usahanya sudah tutup selama dua minggu dan karyawannya yang sebagian besar dari Pulau Jawa mulai mengeluhkan karena tidak adanya penghasilan.

Hal senada diungkapkan oleh Edhi Saputra (Pedagang Pasar Senggol) yang sejak tanggal 24 Maret 2020 Pasar Senggol sudah ditutup dan kini diperpanjang lagi.

“Jangki diskriminatif Boss ku, kami usaha kecil ditutup sedangkan Bintang dan Alaska dibiarkan buka,” keluhnya.

Penulis : One

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya