Anggota Kodim 1411 Bulukumba Lakukan ki Donor Darah

13 April 2020 14:57
Anggota Kodim 1411 Bulukumba Lakukan ki Donor Darah

BugisPos.- Mengantisipasi kebutuhan stok darah di tengah merebaknya virus Corona(Covid-19), Kodim 1411/Blk bekerjasama dengan PMI, melaksanakan kegiatan donor darah di Markas Kodim 1411/BLK. Senin (13/04/2020).

Hal tersebut dilakukan mengingat virus corona atau Covid-19 yang berkembang di Indonesia khususnya di Kabupaten Bulukumba makin hari makin bertambah jumlah ODP, bahkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sudah ada yang meninggal dunia, meski begitu juga dilaporkan satu orang pasien positif corona asal Bulukumba sudah sembuh.

Dandim 1411 Bulukumba Letkol.Arm.Joko Triyanto menyampaikan, untuk mengantisipasi melonjaknya kebutuhan darah, jajaran Kodim 1411 Bulukumba yang dikoordinir Pasiter Kodim 1411/Blk Kapten Kav Andi Mapparanru bekerjasama dengan PMI untuk mengadakan donor darah.

Kapten Kav Andi Mapparanru menegaskan, kegiatan ini adalah salah satu upaya jajaran Kodim 1411/Blk untuk mengantisipasi melonjaknya kebutuhan darah di wilayah Bulukumba, sehingga memudahkan bagi tenaga medis untuk mencari transfusi darah bagi pasien yang membutuhkan.

Dandim 1411/Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto, S. Pd. yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Bulukumba meminta masyarakat agar selalu menjaga kesehatan, selalu mencuci tangan menggunakan sabun/hand sanitizer, kemudian sesuai anjuran pemerintah agar tetap Social Distancing atau menjaga jarak dan menghindari tempat keramaian.

” Apabila merasakan gejala demam disertai batuk dan pilek maka jangan takut untuk berobat ke Rumah Sakit terdekat.” pesan Letkol.Arm.Joko Triyanto.

Menurut Letkol Arm Joko Triyanto, kegiatan donor darah seperti ini juga digelar di seluruh wilayah jajaran Korem 141/Tp dalam rangka membantu pemenuhan ketersediaan darah di PMI.

“Kegiatan ini bertujuan membantu PMI mengatasi kekurangan persediaan darah, menghadapi pandemi Covid 19 khususnya di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin, Provinsi Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Sementara Ketua Tim PMI Dr. Syauqi Darussalam Lutfi menyatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, kerja sama antara TNI AD dalam hal ini Kodim 1411/Blk dan PMI. Pada tahun 2020 ini Kodim dan PMI kembali melaksanakan kegiatan serupa, ditengah suasana penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di Bulukumba.

“ Terima kasih kepada anggota Kodim 1411/Blk atas pelaksanaan donor darah ini, dan sangat membantu PMI dalam penyediaan darah di Bulukumba,” katanya sambil menambahkan Kodim 1411 tetap konsisten melakukan kegiatan donor darah.- (*Suaedy)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya