HTTP Status[404] Errno [0]

Anggota Kodim 1411 Bulukumba Bersama Distan Tanam ki Jagung di Rilau Ale

18 April 2020 08:57
Anggota Kodim 1411 Bulukumba Bersama Distan Tanam ki Jagung di Rilau Ale

BugisPos.- Kodim 1411/Blk dan Dinas pertanian Kab. Bulukumba, turun bersama melakukan penanaman jagung di dusun pangi-pangi Desa Swatani Kec. Rilau Ale Kab. Bulukumba, Jumat (17 /4) kemarin.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Wujud Kepedulian TNI AD Terhadap Perekonomian Bangsa”. Kegiatan tersebut dihadiri Kadis Pertanian Bulukumba Emil Yusri, SP. MP, para staf Dinas Pertanian Bulukumba, para penyuluh dan Ketua Kelompok Tani serta personil Kodim 1411/Blk.

Dilaporkan tujuan dari kegiatan tersebut, mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan, sehingga dapat menjamin pasokan pangan untuk memenuhi kebutuhan seluruh penduduk baik dari segi kualitas, kuantitas, keragaman dan keamanannya sepanjang waktu dengan harga yang terjangkau khususnya di wilayah Kodim 1411/Blk, serta membantu para petani, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya untuk mencapai kehidupan yang lebih sejahtera, dan kegiatan itu dipelopori Kodim 1411/Blk.

Dandim 1411/Blk Letkol Arm Joko Triyanto, S. Pd menyampaikan, kegiatan tersebut sangat penting bagi para anggota Kodim 1411/Blk, untuk menambah wawasan tentang bagaimana teknik penanaman jagung, sehingga nantinya ilmu ini dapat diterapkan kepada masyarakat binaannya dalam rangka mendukung program pemerintah guna peningkatan ketahanan pangan nasional.

” Saya berharap kedepannya dapat merubah wajah Indonesia menjadi negara pengekspor jagung dan bukan mengimpor jagung,” harap Dandim 1411 Bulukumba.

Menurut Dandim 1411/Blk Letkol.Arm.Joko Triyanto, dengan berkurangnya hasil pertanian dari tanaman jagung pada tahun 2019, yang diakibatkan oleh kemarau yang panjang khususnya di wilayah Kab. Bulukumba, merupakan ancaman jika kita mempunyai kekayaan alam yang besar, tetapi tidak bisa mengolahnya dengan baik.

” Makanya kami anggota TNI selalu bekerja sama dengan pihak pertanian untuk mendapatkan masukan maupun pembekalan, khususnya dalam penanaman jagung yang kita laksanakan sekarang ini. Kami Kodim 1411/Blk akan selalu berkoordinasi dengan Pemda Bulukumba melalui Dinas Pertanian untuk selalu berusaha semaksimal mungkin sehingga dapat mensejahterakan para petani jagung di wilayah Bulukumba,” katanya.

Ditambahkan, dengan adanya wabah virus covid-19, masyarakat tidak boleh panik, namun kita harus tetap waspada serta berbuat seperti kegiatan ketahanan pangan yang dilakukan ini, dengan selalu mengutamakan faktor keamanan dengan tetap menjaga jarak (social distancing), demi mencegah penyebaran wabah virus covid-19 di wilayah kab. Bulukumba.

Sementara itu, Kadis Pertanian Emil Yusri, SP. MP, mengatakan , selama ini kerja sama Dinas Pertanian dengan Anggota Kodim 1411/Blk, telah mampu meningkatkan hasil panen masyarakat, sehingga hasil jagung di Bulukumba bisa ditingkatkan setiap tahunnya dalam rangka menjaga pasokan jagung sebagai bahan baku untuk pakan ternak, khususnya para peternak di Bulukumba dan ini semua dapat kita capai berkat adanya kerjasama dengan anggota Kodim 1411/Blk khusunya para Babinsa.

Permasalahan lain yang dihadapi saat ini adalah jumlah lahan yang dapat ditanami jagung di Bulukumba, setiap tahunnya semakin berkurang lahan dan berubah menjadi perumahan dan lain-lainnya.

Menurutnya, meskipun masih jauh dari target, kebutuhan jagung di Bulukumba masih dapat terpenuhi dengan baik dan dia minta semua pihak harus tetap optimis, dan semua ini tidak akan tercapai tanpa ada bantuan dari Bapak Dandim 1411/Blk, yang senantiasa menghimbau kepada seluruh Babinsa untuk selalu memberikan pendampingan kepada para petani jagung di wilayahnya masing-masing, dan seiring meningkatnya perekonomian, ke depan dia akan mencoba membuat inovasi baru dengan cara menanam sayuran.-( * Suaedy)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya