Jangki Kepala Batu, PSBB Bisa ki Diperpanjang

28 April 2020 15:46
Jangki Kepala Batu, PSBB Bisa ki Diperpanjang
Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb.

BugisPos — Banyaknya warga Makassar yang keras kepala dalam masa pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dapat memaksa Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memperpanjang masa pemberlakuan PSBB.

Hal tersebut dikemukakan Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb setelah menerima laporan dan data dari Tim Gugus Covid-19, Senin (27/4/2020) kemarin.

Menurutnya, memasuki hari ke empat masa pemberlakuan PSBB di Kota Makassar, tingkat pelanggaran masih sangat tinggi.

“Kalau begini, saya khawatir kita terpaksa memperpanjang pemberlakuan PSBB lagi,” kata Iqbal.

Jenis pelanggaran tersebut, kata dia, memang beragam namun kesannya terlihat masih kurang ditaati dan warga cenderung mengabaikan aturan PSBB tersebut, seperti operasional toko-toko non bahan pokok, kerumunan di pasar-pasar tradisional serta aktivitas ibadah di sejumlah masjid, meski sudah diberikan teguran.

“Masih ada laporan kalau sejumlah masjid masih melakukan shalat Tarawih berjemaah. Saya harapkan ini mendapat perhatian dari camat. Karena ini salah satu objek rentan. Di sana berkumpul banyak orang,” jelas Iqbal.

Iqbal mengatakan, jika kecamatan kekurangan personel untuk menyampaikan hal ini, diminta untuk melibatkan TNI dan Polri. Aparat menurutnya, bisa diturunkan untuk menjaga masjid.

Iqbal juga mengingatkan sanksi pidana dan denda bagi pengurus masjid jika masih nekat buka untuk shalat berjamaah atau beraktivitas selama Ramadhan.

“Sudah ada aturan Pidana dan denda yang dibuat untuk mempertegas PSBB,” tuturnya.

Seperti diketahui, masa pemberlakuan PSBB di Kota Makassar dimulai pada 24 April lalu dan akan berakhir 7 Mei 2020. Status ini bisa diperpanjang dua pekan ke depan jika kurva Covid masih tinggi.(*)

Editor : One

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya