HTTP Status[404] Errno [0]

Matemija, Virus Corona Bermutasi Sampai 10 Jenis di Seluruh Dunia

01 May 2020 04:12
Matemija, Virus Corona Bermutasi Sampai 10 Jenis di Seluruh Dunia

BugisPos – Virus Corona atau Covid-19, sungguh telah membuat kehidupan dunia porak-poranda. Perekonomian dunia tercabik-cabik lantaran virus mematikan ini menjelajah ke 170 negara.

Sebuah studi menemukan virus Corona , telah bermutasi menjadi 10 jenis penyakit pembunuh di seluruh dunia. Selain coronavirus tipe O yang pertama kali diidentifikasi Wuhan, para peneliti menemukan saat ini sudah ada 11 variasi penyakit akibat virus tersebut.

Beberapa mutasi virus Corona ditemukan sangat efisien menginfeksi paru-paru manusia, di mana mutasi A2a bahkan lebih kuat menginfeksi daripada SARS-CoV yang menewaskan 800 jiwa dan menginfeksi 8.000 orang satu dekade lalu.

Menurut Partha Majumder, seorang penulis studi di National Institute of Biomedical Genomics di Kalyani, India, mutasi A2a bahkan lebih berbahaya daripada yang asli dan paling dominan.

“Virus Corona dapat diklasifikan ke dalam banyak jenis – O, A2, A2a, A3, B, B1 dan seterusnya. Saat ini ada 11 jenis, termasuk tipe O yang merupakan ‘jenis leluhur’ yang berasal dari Wuhan. Virus mutan semacam itu meningkatkan frekuensi penularan dan bahkan sepenuhnya menggantikan jenis virus yang asli,” kata Majumder dikutip Mirror, seperti dilansir Viva, Kamis 30 April 2020.

Studi ini sangat penting dalam pengembangan vaksin yang efektif untuk memerangi COVID-19. Tetapi meski para ilmuwan di seluruh dunia sedang berjuang untuk menemukan vaksin, para ahli mengklaim Coronavirus tidak mungkin diberantas dan dapat kembali setiap tahun seperti flu musiman.

Prediksi pakar Tiongkok itu sama seperti yang diperingatkan oleh Kepala Petugas Medis Inggris, Profesor Chris Whitty. Dia mengatakan negara itu tidak mungkin kembali normal sampai vaksin Corona dapat ditemukan, seperti halnya untuk flu.

Peneliti virus dan medis China mengatakan bahwa virus itu tidak mungkin hilang seperti SARS, karena dapat menginfeksi pembawa atau carrier yang tidak tahu mereka memiliki gejala dan menularkan kepada orang lain secara diam-diam.

Penulis : (*/una)

Uploader : Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya