Luar Biasa, Baru ma Melihat Gua Seindah Gua Passea

02 May 2020 22:37
Luar Biasa, Baru ma Melihat Gua Seindah Gua Passea
Andi Makkasau ( Kaos Merah ) saat berada di dalam Gua Passea

BugisPos.- Situs purbakala Gua Passea terletak di Kampung Kaddoro, Dusun Lambua, Desa Lembanna, Kecamatan Bontobahari, Kab.Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan, ternyata memiliki keindahan yang mengagumkan.

Selain memiliki tipe horizontal
di dalam Gua Passea terdapat Stalaktit menggantung dari langit-langit Gua, demikian juga stalagmite yang timbul ke atas dari lantai Gua, selain itu pada bagian lantai Gua Passea terlihat bersih menambah keindahan Gua tersebut.

Seperti disampaikan Ir.H.Andi Makkasau, MM, yang sehari harinya menjabat Ketua KSP Berkat, kepada awak media ini, Sabtu (2/5), sejak puluhan tahun dia berdiam di Bulukumba, baru kali ini dia mengunjungi Situs Purbakala Gua Passea.

” Sungguh luar biasa, keindahan Gua Passea. Dari beberapa Gua yang pernah saya datangi, baru kali saya melihat Gua seindah Passea, Alhamdulillah Gua ini ada di Bulukumba,” puji Andi Makkasau.

Bahkan dia yakin Gua Passea menjadi cikal bakal Destinasi Wisata yang paling diminati pada masa yang akan datang.

Andi Makkasau menyebutkan, selain menjadi Destinasi Wisata, Gua Pasea yang memiliki keindahan stalagtit  dan  stalagmit  yang indah, sekaligus bisa dijadikan sebagai tujuan pendidikan, khususnya soal Sejarah, karena Gua Passea memiliki Histori dan menurut cerita H.Galla salah seorang tokoh masyarakat setempat yang mendampingi Andi Makkasau, bahwa di dalam Gua tersebut terdapat peti jenazah yang konon sudah berumur ratusan tahun.

Hanya saja, kata Andi Makkasau yang akrab disapa Karaeng Lompo, dia tidak sempat masuk sampai ke bagian paling dalam Gua, sehingga dia tidak melihat peti jenazah yang dimaksud.

Ditanya soal akses jalan menuju lokasi Gua Passea, Andi Makkasau menyampaikan , bahwa untuk bisa tiba di lokasi Gua, harus ditempuh dengan berjalan kaki, melewati semak belukar kurang lebih 200 meter dari tempat parkir kendaraan.

” Pokoknya Gua Passea sangat indah pak. Yang saya kagumi, karena di dalam gua cukup bersih, seperti selalu dibersihkan, padahal menurut H.Galla, Gua tersebut asli, tidak pernah dibersihkan,” ungkap Andi Makkasau yang juga Ketua Koni Bulukumba.-

Penulis Suaedy

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya