HTTP Status[404] Errno [0]

Cocoki Pandemi virus Corona Angka Pernikahan di Jeneponto Menurun

13 May 2020 14:19
Cocoki Pandemi virus Corona Angka Pernikahan di Jeneponto Menurun 
Saharuddin

BugisPos — Kantor Kementrian Agama Jeneponto mencatat adanya penurunan angka pernikahan selama pandemik virus corona atau Covid – 19 di Indonesia.

Saharuddin mengatakan, selama pandemi Covid-19, akad nikah hanya bisa diselenggarakan di KUA, untuk sementara waktu, layanan akad nikah di luar KUA tak bisa dilakukan

Proses akad nikah di KUA pun digelar dengan standar pencegahan penularan virus corona,” ucap Saharuddin.

Pasangan pengantin di Jeneponto biasanya didominasi oleh warga Kecamatan Bangkala, serta Tamalatea, Dimana wilayahnya yang luas dan jumlah penduduknya yang banyak,” kata Saharuddin.

“Berbeda dengan di kecamatan Batang dan Arungkeke, yang cenderung sedikit atau malah tidak ada,” lanjutnya.

H. Saharuddin menambahkan, salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya angka pernikahan di kabupaten Jeneponto terkhusus di Kecamatan Batang dan Arungkeke, lantaran adanya batasan waktu serta aturan dari pemerintah.

“Ia memang ada batasan, yang mendaftar diatas tanggal 1 April di tunda sampai covid-19 selesai, nikahnya bulan lalu masih bisa di rumah, sekarang kita arahkan di KUA masing-masing melalui online,” terang Saharuddin.

“Dulu wanita umur 16 tahun laki – lakinya 19 tahun, sekarang aturannya baru Umurnya rata 19 tahun semua baik laki-laki maupun perempuan,” ungkap kepala Kemenag jeneponto H. Saharuddin.

Penulis : Haries

Editor : Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya