Andi Mahrus Sebut ki Ulil Amri Tidak Tegas Tetapkan Pelaksanaan Syariat Islam

17 May 2020 16:52
Andi Mahrus Sebut ki Ulil Amri Tidak Tegas Tetapkan Pelaksanaan Syariat Islam
H Andi Mahrus Andis

BugisPos.- H Andi Mahrus Andis, salah seorang tokoh masyarakat sekaligus juga tercatat sebagai Mubalig di Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulsel, angkat bicara terkait soal kondisi umat Islam dilevel bawah.

Menurutnya, Fatwa MUI Sulsel dan Kabupaten Kota tentang Peniadaan Salat berjamaah di Masjid dan Penggantian Salat Jumat dengan Salat duhur di rumah, sampai saat ini belum dicabut.

Lalu pertanyaannya, kata pria yang pernah menduduki sejumlah jabatan di Pemkab Bulukumba sebelum memasuki masa Purnabakti, bagaimana hukumnya di sisi syariat, apabila saat ini masih ada umat Islam yang mengganti Salat Jumat dengan salat Duhur di rumah, karena taat kepada fatwa Ulil Amri ?.

Dan masih kata Andi Mahrus, hal tersebut yang wajib dijawab oleh MUI. “Jangan biarkan umat Islam berdosa lantaran Ulil Amri tidak tegas menetapkan pelaksanaan syariat Islam,” tegasnya sambil menyebut sesuai video yang beredar dikaitkan himbauan MUI Sulsel, Kabupaten dan Kota tentang Peniadaan Salat Jumat di masjid dan anjuran menggantinya dengan Salat Duhur di rumah.

” Saya rasa Fatwa yang berisi anjuran ini, sampai sekarang masih berlaku, karena belum ada hasil kajian baru dari Pemda Sulawesi Selatan, termasuk Bulukumba, ” kata Andi Mahrus .

Kemudian masih menurut pensiunan pejabat Eselon II B di Pemkab Bulukumba, terkait soal penurunan curva penularan pandemik Covid-19 di wilayah ini.

Pertanyaannya, apakah kondisi yang membuat bingung umat ini difahami oleh pengambil kebijakan di pusat ?.

” Dan bagaimana kedudukan hukumnya secara syariat, jika hingga saat ini masih banyak umat Islam mengganti salat Jumat dengan salat Duhur di rumah lantaran ketaatan kepada (fatwa) Ulil Amri Minkum (Pemerintah dan ulama) ?,” kata Andi Mahrus.

Dan menurutnya, hal Ini yang harus segera dijawab oleh lembaga keagamaan, khususnya Kementerian Agama dan Majelis Ulama di semua level.

” Saya minta, Ulil Amri di Pusat dan Daerah, tidak membiarkan umat Islam dalam kondisi kebingungan lantaran kurang tegasnya Pemerintah dan Ulama dalam menetapkan pelaksanaan ibadah sesuai dengan syariat yang referensial,” tutup Andi Mahrus.(*)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya