Harga Cabai Anjlok ki, Petani ri Jeneponto Rugi Lompoi Karaeng

25 June 2020 14:21
Harga Cabai Anjlok ki, Petani ri Jeneponto Rugi Lompoi Karaeng
Sejumlah petani cabai mengeluhkan harga jual cabai mereka yang anjlok.

BugisPos – Harga cabai petani terjun bebas. Penurunan ini tak lepas dari imbas Pandemi covid-19.

Pasalnya, di tengah covid-19 saat ini, sejumlah petani cabai merasakan dampak penurunan pendapatan yang luar biasa.

Dimana hasil panen mereka kini tak lagi seperti biasanya.

Hal tersebut terjadi di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Sejumlah petani cabai mengeluhkan harga jual cabai mereka yang anjlok.

Seperti yang diungkapkan salah seorang petani cabai, Suriani warga Desa Tanamawang, Kecamatan Bontoramba. Dia mengaku turunnya harga cabai sudah dirasakan para petani sejak tiga bulan terakhir. Karena adanya penutupan pasar akibat covid-19.

Suriani mengaku, di tahun lalu harga cabai yang di jual ke pengumpul dengan harga Rp20 hingga Rp25 ribu perkilo. Kini harga cabai terjun bebas dengan harga Rp3 ribu perkilo saja.

“Harga cabai yang biasanya di jual tahun lalu dengan harga Rp20 hingga Rp25 ribu per kilo ke pengumpul. Kini mengalami penurunan drastis menjadi Rp3 ribu per kilo saja,” ujarnya kepada wartawan saat ditemui di kebun miliknya, Kamis (25/6/2020).

Suriani mengeluh dengan harga jual cabai yang jauh di bawah modal petani, mulai penanaman bibit cabai, pemupukan dan pemeliharaan hingga Penen.

Dia menampik, meskipun harga jual cabai dibawa rata – rata, namun dia tetap menjual hasil panennya lantaran tak punya pilihan lain.

“Meskipun murah, saya tetap menjualnya ke pengumpul karena tidak ada pilihan lain, daripada rugi,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, dia pun pernah mencoba untuk bernegosiasi ke pengumpul agar harga cabainya dinaikkan sedikit menjadi Rp 4 ribu, alhasil, para pengumpul cabai tetap tidak mau membeli cabai petani jika harganya melebihi Rp3 ribu rupiah.

Hal senada dikeluhkan Irma, petani cabai Desa Barayya, Kecamatan Bontoramba. Irma mengaku bahwa harga cabai tahun ini turun dibanding dengan harga cabai tahun lalu.

“Saat ini harga cabai dihargai Rp3 ribu. Padahal tahun lalu harga cabai Rp25 ribu perkilonya,” pungkasnya.

Sumber : Haries

Editor : Zhoelfikar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya