Nomoro Se’re Surveinna, Danny-Fatma akan Cukupkan Koalisi

30 June 2020 19:06
Nomoro Se’re Surveinna, Danny-Fatma akan Cukupkan Koalisi
Pasangan Moh Ramdhan “Danny” Pomanto-Fatmawati Rusdi

BugisPos — Pasangan Moh Ramdhan “Danny” Pomanto-Fatmawati Rusdi diyakini tak akan sulit mencukupkan koalisi untuk mencukupkan syarat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasalnya, Danny yang tak lain mantan walikota Makassar, selalu ditempatkan di posisi teratas di sejumlah hasil survei. Bahkan dua lembaga terbaru yang melakukan riset, Danny-Fatma tetap bercokol di posisi pertama. Mengungguli kandidat lainnya.

Padahal Danny-Fatma belum memassifkan sosialisasi berpasangannya pasca-mendapat rekomendasi dari Partai Nasdem. Sehingga jika sudah “gas full”, maka potensi menaikkan keterpilihan sangat memungkinkan. Apalagi Fatmawati yang merupakan mantan anggota DPR RI, pengenalan dan elektabilitasnya bisa terus dinaikkan di sisa waktu yang ada.

Indikasi duet ini bakal diterima beberapa partai lain, nampak dari komunikasi yang terbangun. Seperti Gerindra sudah mengerucutkan ke beberapa kandidat. Termasuk Danny Pomanto-Fatma. Bahkan, elit Nasdem-Gerindra sudah melakukan pertemuan khusus membahas penjajakan koalisi.

Di samping Nasdem-Gerindra yang total kursinya di DPRD sudah lebih dari syarat minimal mengajukan pasangan, beberapa partai juga disebut-sebut membuka ruang ke Danny-Fatma. Salah satu pertimbangannya, elektabilitas pasangan ini stabil di posisi teratas.

Terkait itu, Danny Pomanto sedikit membocorkan akan ada kejutan. Hanya saja, ia belum bersedia menyebut partai apa saja yang siap berkoalisi mengusungnya di Pilwali 9 Desember 2020 mendatang.

“Tunggu saja tanggal mainnya. Karena kita selalu ada kejutan-kejutan,” kata Danny Pomanto saat ditanya wartawan, belum lama ini.

Sebelumnya, beberapa akademisi dari universitas berbeda, memiliki pandangan bila Danny-Fatma bisa melenggang menjadi kontestan dengan mencukupkan parpol koalisi. Alasannya, elektabilitas kandidat ini selalu diunggulkan.

Meski memang harus meyakinkan parpol dengan bargaining yang ditawarkan. Tapi keduanya, maupun Nasdem bisa mengarahkan segala kemampuan melakukan lobi atau komunikasi politik hingga ke tingkat elit.

Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Aras, mengakui jika pertemuannya dengan elit Nasdem belum lama ini, salah satu yang dibahas mengenai penjajakan berkoalisi di Makassar.

“Komunikasinya terbuka,” singkat Andi Iwan saat dikonfirmasi mengenai peluang mengusung Danny-Fatma di Makassar (**)

Editor ; Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya