Ini mi Andi Syahrum Makkuradde, Pamong yang Sabar Tapi Tegas

05 July 2020 03:16
Ini mi Andi Syahrum Makkuradde,  Pamong yang Sabar Tapi Tegas
Andi Syahrum Makkuradde

BugisPos — Dr. H. Andi Syahrum Makkuradde, S.S, S.E, M.Si, Camat Biringkanaya, kota Makassar, adalah sosok pemimpin yang humanis, mudah bergaul dengan warga, berpenampilan tenang dan sederhana, bijak, namun juga tetap tegas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin kecamatan.

Dia seorang yang loyal pada pimpinan, yang tak mudah terpropvokasi oleh pihak di luar pemerintahan sejauh itu tak masuk akan baginya.

Apa yang telah digariskan pimpinan, itulah yang dia jalankan dengan sungguh-sungguh.

Dia juga seorang pamong yang sabar dan tak pernah memilih-milih tugas dan jabatan. Dia seorang sosok yang tak suka sibuk mencari peluang jabatan kemana-mana. Yaa, cukup apa adanya saja.

Dimana pun dia ditugaskan oleh pimpinan, disitulah dia mesti mengabdi sebaik mungkin.

Demikian yang bisa dimaknai oleh penulis, yang selama mengenal sosok pamong senior yang satu ini.

Dia seorang yang tak banyak bicara, tak biasa membanggakan diri meskipun dia seorang turunan bangsawan, dan tak biasa menilai-nilai orang lain dari sisi manapun.

Andi Syahrum Makkuradde, putra kelahiran Sengkang, kabupaten Wajo, 17 Mei 1966 yang kini berpangkat golongan Pembina Tk.I/IVb ini, telah menjalani karier di ASN cukup panjang.

Pendidikan :
SDN No.16, Sengkang, 1979.

SMPN 1, Sengkang, 1982.

SMAN 226 – IPS, Sengkang, 1985.

DIII Keuangan Perbankan, STIM LPI, Keu Perbankan, Makassar, 1990.

Sarjana Sastra, Unhas, Linguistik, Makassar, 1992.

Sarjana Ekonomi, STIM LPI, Manajemen, Makassar, 1994.

Magister Of Science, Msi, Pasca Sarjana Unhas, Manaj Keu, Makassar, 2000.

Doktor, Pasca Sarjana UNTAG, Ekonomi, Surabaya, 2016.

Karir :

Staf Disepanda Maros, 2001-2006
Kasubid Kesejahteraan BKD kota Makassar, 2006-2010
Kasubid Kinerja BKD kota Makassar, 2010-2013
Camat Biringkanaya, Makassar, 2013-2018

Kaban Kesbangpol, Makassar, 2019.
Camat Biringkanaya, Makassar, 2019-sekarang.

Andi Syahrum Makkuradde, seorang pemeluk Islam yang taat, memandang keluarga adalah hal yang nomor satu dalam hidup dan kehidupan ini.

Sukses yang diraih pada dinamikan pengabdian kepada bangsa dan negara, pundasinya adalah keluarga yang sakinah mawadda. Semangat pengabdian pada bangsa dan negara adalah semangat yang ditiupkan dari roh kebahagiaan keluarga, dari sang isteri tercinta, dan dari anak-anak yang patuh pada orang tua.

Andi Syahrum Makkuradde, mempersunting wanita tercinta, St. Syahriati, SS, Mhum, kelahiran di Bone, 24 Juli 1970, yang kini bekerja sebagai dosen.

Dan dari pernikahan bahagia ini, telah melahirkan putra bernama Andi Oddangpero, SH, lahir 26 Oktober 1992, yang kini memilih profesi wiraswasta. Putri kedua bernama Andi Widya Sumpala, S.Ked, lahir di Bone, 10 Juni 1995, dan si putra bungsu, Andi Muhammad Farid, lahir di Ujung Pandang, 1 Juni 1998, yang kini sedang di bangku kuliah.

Menjalani hari-hari pengabdiannya kepada masyarakat, tentunya sebagai Camat yang memimpin demikian banyak warga dengan seabrek kepentingan dan keperluan, Andi Syahrum selalu tampil menghadapi dan melayani mereka dengan sikap yang tenang dan humanis.

Raut wajah yang teduh, enjoy, dan datar-datar saja.

Ada aroma bijak yang melekat pada dirinya, sebagaimana budaya bijak warisan dari sang leluhur.

Di masa lalu, leluhur Andi Syahrum Makkuradde, telah mengajarkan kebijakan tentang hidup dan kehidupan.

Bahwa aturan itu ada, pasti ada, dan mesti dilaksanakan sesuai tatarannya, tetapi juga ada kebijakan bersamanya, sehingga hidup dan kehidupan ini dapat berjalan sebaik-baiknya.

Seperti itulah kiranya yang diwarisi seorang Syahrum Makkuradde dalam menjalani tugas dan posisi sebagai pemimpin, setidaknya sebagai pemimpin dalam keluarga yang dibina selama ini.

Selamat dan sukses Andi Syahrum Makkuradde.Semoga di hari-hari mendatang senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Amin ***

Penulis : (Usdar Nawawi)

Editor : Zhoelfikar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya