Hebat ki Tauwwa Atasi Kolesterol, Virgin Coconut Oil ini Diproduksi Perempuan Salassae

08 July 2020 00:26
Hebat ki Tauwwa Atasi Kolesterol, Virgin Coconut Oil ini Diproduksi Perempuan Salassae

BugisPos- Salah seorang dosen dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang akrab disapa “Pak Budi” saat berkunjung ke desa Salassae, Kecamatan Bukukumpa Kabupaten Bulukumba, pada tahun 2018 silam berhasil melakukan transformasi ilmu pengetahuan dengan kaum perempuan seputar zat-zat penting yang terkandung pada buah kelapa, serta metode pemanfaatannya untuk kesehatan dan ecantilkan kulit.

Buah kelapa dapat dengan mudah diperoleh khususnya di Bulukumba, dan banyak dibudidayakan di kebun-kebun milik warga.

Pertemuan Pak Budi dengan salah seorang perempuan Desa Salassae bernama Sri Koko Wahyu, sekaligus membentuk Serikat Perempuan Salassae (SPS).

Organisasi independen itu menghimpun sebanyak 27 orang perempuan dari Desa Salassae. Sebagai komunitas perempuan yang punya agenda besar untuk pemberdayaan perempuan desa, SPS kemudian memproduksi Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni.

Penjualan dari produksi VCO oleh SPS, kini sudah merambah ke luar Bulukumba bahkan luar Sulawesi. Sistem penjualannya menerapkan cara konvensional maupun bisnis online.

Dalam bincang siang Selasa (7/7/2020), Sri Koko Wahyu menuturkan berbagai khasiat VCO.
“Produk ini berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Bisa diminum sebagai obat dalam untuk menghancurkan racun-racun dalam tubuh. Bahkan bisa mengatasi kolesterol.”

Pemaparan oleh ibu dari dua anak ini senada dengan penjelasan ilmiah dari hasil penelitian para ahli terhadap VCO. Berbeda dengan minyak kelapa biasa, VCO atau minyak kelapa murnI memiliki beragam manfaat kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Virgin Coconut Oil

Dikutip dari laman Health Diaries, berikut berbagai manfaat kesehatan dari virgin coconut oil:

1. Mendukung sistem kekebalan tubuh. Jika Anda sedang berusaha melawan virus atau infeksi apapun, cobalah mengonsumsi minyak ini.

2. Kesehatan kardiovaskuler. Beberapa studi menemukan bahwa memakan virgin coconut oil tidak memiliki efek merugikan untuk jantung. Sebaliknya, virgin coconut oil dapat mengurangi resiko tinggi kolesterol dan serangan jantung.

3. Membantu kelenjar tiroid. Banyak orang dengan hypothyroidism sukses memperbaiki atau membalikkan hypothyroidism mereka dan berhenti menggunakan obat-obatan.

4. Menurunkan berat badan
Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi virgin coconut oil setiap hari mengalami pengurangan lemak yang signifikan di daerah perut. Walaupun minyak kelapa merupakan salah satu tipe lemak, namun mampu membantu menurunkan berat badan.

5. Melawan kuman. Ketika diaplikasikan ada luka dan lebam, virgin coconut oil bisa membantu menegah terjadinya infeksi lebih lanjut

6. Menyembuhkan luka.
Sebuah studi yang dilakukan pada tikus, merawat lukanya dengan menggunakan virgin coconut oil ternyata memiliki daya sembuh lebih cepat.

7. Mencegah stretch mark
Di Asia, minyak kelapa umum digunakan untuk mencegah stretch mark ketika hamil. Bukan hanya mencegah, jika Anda memang sudah memiliki stretch mark, oleskanlah virgin coconut oil pada area tersebut, minyak kelapa ini akan membantu menghilangkannya.

8. Bermanfaat untuk kulit
Melembabkan kulit merupakan kunci untuk membuatnya tetap muda dan sehat. Dan minyak kelapa bisa digunakan untuk menggantikan lotion sebagai pelembab yang lebih sehat. Ketika menggunakan virgin coconut oil, juga akan membantu melawan bakteri dan masalah kulit lainnya seperti ruam, dermatitis, jerawat, dan keriput. Khasiat lainnya, cepat mengeringkan dan menyembuhkan luka.(*)

Penulis: Alfian Nawawi
Editor : Suaedy

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya