Maccaki, PKM Politeknik Negeri Ujung Pandang Canangkan Edu-Wisata di Rammang-Rammang

12 July 2020 11:25
Maccaki, PKM Politeknik Negeri Ujung Pandang Canangkan Edu-Wisata di Rammang-Rammang
Tim PKM Politeknik Negeri Ujung Pandang berfoto bersama Kopdarwis Rammang Rammang

BugisPos — Lokasi pariwisata surga alam Rammang-Rammang, Kabupaten Maros Sulsel, turut terpuruk oleh dampak Pandemi Covid-19 saat ini.

Dalam meminimalisir penyebaran Covid-19, pihak Kelompok Dasar Wisata (Kopdarwis) Rammang-rammang telah memberlakukan aturan ketat sesuai protokol kesehatan Covid-19 untuk setiap warga sekitar dan khususnya kepada calon pengunjung di wilayah tersebut.

Menyikapi situasi ini, tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Ujung Pandang (PKM PNUP) menggandeng Kopdarwis Pariwisata Rammang-Rammang untuk membuat informasi strategi promosi-promosi online untuk membangkitkan gairah pariwisata kembali dan memulihkan perekonomian warga.

Penggagas PNUP Care, Sirmayanti, ST, M.Eng, Ph.D, melalui tim PKM PNUP telah melaksanakan pelatihan mengenai Gadget dan Internet Sehat. Setelah mengumpulkan para influencer lokal remaja dan pemuda Rammang-Rammang, pelatihan ini bertujuan untuk mengawal dan membekali para influencer lokal tersebut dalam menyampaikan promosi wisata daerahnya melalui konten-konten positif di media sosialnya masing-masing. Dengan demikian, setelah mengikuti pelatihan ini, mereka diharapkan menjadi frontline dan berdiri di depan menyambut kebangkitan sektor wisata daerahnya dengan konsep Adaptasi Kebiasaan Baru.

“Kami tertarik untuk mencanangkan Edu-Wisata era New Normal di wilayah ini. Sebagai salah satu desa binaan Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) PNUP, selain PNUP Care yang akan terus berkelanjutan, program Edu-Wisata juga menggalang beberapa konsep menarik selama Adaptasi Kebiasaan Baru antara lain English Easy Class yaitu aktivitas after-school English Camp & tour tourism guider, Virtual Tour ‘new normal’ Rammang-Rammang tourism promotion, Where-Am-I yakni sebuah konsep traveling-tracking dan tentunya program yang tidak lama lagi akan digalakkan yaitu Sekolah Merdeka yakni outdoor class untuk mahasiswa PNUP atau semacam sekolah alam-lah, menarik kan?” ungkap ibu tiga anak ini.

Kepada BugisPos.com, dosen PNUP, alumni S2-S3 Universitas Victoria of Melbourne dan founder Street Party Neighbourhood Community, ini juga mengungkapkan bahwa konsep Edu-Wisata era New Normal ini tersambut baik oleh Kopdarwis Rammang-Rammang dan diaminkan langsung serentak oleh Kepala Kecamatan Bontoa A. Armansyah Amiruddin, SH dan Kepala Desa Salenrang Syahrir, saat mengikuti pelatihan bersama PNUP Care: Gadget dan Internet Sehat, Sabtu (11/7/2020) di Balai Desa Dermaga 2 Wisata Rammang-Rammang.

Berbaur bersama para influencer lokal Rammang-Rammang, Camat andalan (sebutan warga bagi pimpinan energik mereka), juga mengungkapkan harapan penerapan pola hidup sehat Adaptasi Kebiasaan Baru dan kebijakan komunikasi pemerintah agar terwujud perubahan perilaku masyarakat untuk terhindar dari Covid-19.

“Konsep Edu-Wisata era New Normal adalah ide brilian dan selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam kerjsama P3M PNUP – Pemda Kabapaten Maros melalui Dinas Pariwisata” ungkap Camat Bontoa dan didampingi pula oleh ibu pembina PKK Indayanty Armansyah, SE.

Pelaksana lapangan PKM PNUP Care ini komandoi langsung oleh Sirmayanti bersama anggota tim lainnya yaitu Ir Muhammad Suradi, M.Eng,ST, Ph.D, Ir. Ichsan Mahjud, M.T dan Yedi George Y. Lely., S.ST., MT. Dengan kolaborasi keahlian dan kompetensi bidang Telekomunikasi dan Sipil, tim PKM PNUP Care ini memberikan edukasi sehat dengan metode simulasi, assessment, dikusi dan sosialisasi memperkenalkan citra penggunaan Internet melalui pemanfaatan smartphone sehat agar terwujud gaya hidup sehat agar tetap sehat melawan Covid-19 ini.

“Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah mengajak serta para influencer remaja dan pemuda Rammang-Rammang untuk mengakses internet secara sehat, menyebarkan konten positif yang mempengaruhi sikap dan perilaku di masa depan, dan sebagai frontline yakni mereka akan memanfaatkan sumber informasi yang valid untuk mengedukasi Adaptasi Kebiasaan Baru ke lingkungan sekitarnya,” kunci Sirmayanti.

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya