Peduli Pendidikan, PKM Poltek Ujung Pandang Mengadakan Workshop Appare’ Website

12 July 2020 23:23
Peduli Pendidikan, PKM Poltek Ujung Pandang Mengadakan Workshop Appare’ Website

BugisPos — Tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat dari Politeknik Negeri Ujung Pandang mengadakan workshop pembuatan (Appare’) website sekolah berbasis wordpress secara online kebeberapa guru di Kab. Sinjai dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM), 11 sampai 15 Juni 2020 berjalan sukses.

Workshop tersebut diikuti sebanyak 20 orang mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) . Meskipun kegiatan ini lewat virtual tapi semangat dan penerimaan materi oleh peserta workshop sangat antusias.

Ketua pelaksana PKM, Nahlah, S.Si., M.Si mengungkapkan bahwa workshop ini bertujuan agar setiap sekolah memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat membuat website sekolah sendiri sebagai wadah penyajian informasi sekolah ke publik.

“Iya saya dan teman-teman berharap dengan kemampuan membuat website sendiri dapat mengurangi ketergantungan sekolah pada programmer, bisa memperbaiki sendiri, dan mengatur content atau template websitenya. Karena seringkali terjadi, sebuah website berbasis wordpress yang dibuatkan oleh pihak lain menjadi tidak terpakai bila ada sedikit masalah karena programmernya sudah tidak di tempat”, ungkapnya.

InsyaAllah kegiatan ini direncanakan akan terus berlanjut setiap tahun dengan niat berbagi ilmu ke masyarakat, apalagi melihat respon peserta yang sangat antusias mengikuti materi workshop dan tentunya menambah semangat kami untuk berbuat yg lebih baik lagi ke depannya, kuncinya.

Asriaty, S.Pd dari UPT SMA Negeri 7 Sinjai sangat mengapresiasi pelatihan pembuatan website sekolah berbasis wordpress ini. “Alhamdulillah sudah bisa membuat website sendiri yang dulunya tidak mengetahui membuat website dan akhirnya bisa membuat website, serta beberapa proses pembuatan dan penginstalan yang terkait di penginstalan dan pembuatan wibesite di wordpress dan hal-hal yang belum di kuasai, InsyaAllah akan dipelajari lewat materi yang telah diberikan dari internet”, tegasnya.

Yusran, S.Pd dari SD Neg No 22 Kanalo II Kecamatan Pulau Sembilan Kab. Sinjai mengaku sangat beruntung mengikuti workshop tersebut. ” Iya jadi pelatihan membuat website ini sangat bermanfaat bagi saya, karena melalui workshop ini saya banyak mengetahui berbagai macam bagian-bagian yang terdapat didalam pembuatan website. Mulai dari mengenal aplikasi (XAMPP dan worldpress) dan cara menginstalnya, mengetahui tentang manfaat dan kegunaan website dan lain-lain”, ungkapnya.

Dalam kegiatan workshop tersebut ibu Nahla panggilan akrab dari ketua pelaksana PKM, juga di dampingi dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang lainnya seperti Ruswandi Djalal, S.ST., M.T, Yayu Meiniza Z, S.E.,MT, Dian Pane, S.Sos., M.Ab dan Dr.Jayadi, S.E.,M.Si

Penulis: Rustam D’Palallo

Editor : Zhoelfikar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya