Begini mi Kodong Perjuangan Wagub Sulsel Bawakan ki Bantuan di Titik Banjir Bandang

16 July 2020 18:58
Begini mi Kodong Perjuangan Wagub Sulsel Bawakan ki Bantuan di Titik Banjir Bandang
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menempuh jarak sekitar 532 KM untuk sampai ke Kabupaten Luwu Utara.

BugisPos — Berangkat Selasa (14/7/2020) pagi, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menempuh jarak sekitar 532 KM untuk sampai ke Kabupaten Luwu Utara.

Perjalanan yang menghabiskan waktu lebih dari 12 jam atau setengah hari ini, Andi Sudirman tiba pada Selasa malam atau sekitar pukul 19.00 Wita.

Setibanya, Ia yang masih kenakan seragam BPBD langsung meninjau titik banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara.

Kondisi di Lutra, aliran listrik masih putus. Sehingga selama perjalanan Andi Sudirman, hanya mengandalkan pencahayaan dari ponsel.

Terlebih kondisi adanya potensi munculnya banjir susulan. Mengingatkan, banjir bandang baru saja melanda Luwu Utara pada Senin (13/7/2020) malam.

Ada dua titik di Kecamatan Baebunta yang dikunjungi oleh orang nomor dua di Sulsel itu. Desa Radda menjadi lokasi pertama yang dikunjunginya.

Menuju ke lokasi itu, Andi Sudirman harus berjalan sekitar 1 KM. Kendaraan sulit menembus, mengharuskan Wagub Sulsel berjalan melewati jalanan berlumpur. Tak hanya jalanan yang becek, ia harus melewati jalan poros yang masih tergenang air setinggi lutut orang dewasa.

Jalan poros di Desa Radda itu tembus menuju ibukota Lutra, Masamba. Namun tidak bisa dilewati, dikarenakan air masih tergenang setinggi pinggang orang dewasa atau sekitar 2 meter.

Tak kenal lelah, perjalanan Andi Sudirman dilanjutkan di Desa Meli, Kecamatan Baebunta. Di sana, menjadi Posko Pengungsian.

Posko pengungsian itu, ada banyak warga yang duduk di atas terpal. Warga yang mengungsi itu mengandalkan lilin sebagai pencahayaan dengan wadah menggunakan kardus.

Masyarakat pun antusias dan merasa senang melihat kunjungan Andi Sudirman. Yang membuktikan, tingginya rasa kemanusiaan dan perhatiannya kepada masyarakat yang terkena musibah.

Warga pun berbincang langsung keluh kesah kepada orang nomor dua di Sulsel itu. Ia pun memberikan semangat kepada masyarakat. Ia pun menghimbau masyarakat untuk waspada yang bisa saja timbulnya banjir susulan.

Andi Sudirman pun memberikan langsung bantuan untuk korban yang mengungsi. Bantuan itu berupa bahan pokok makanan.

“”Insya Allah kita akan gotong royong dan bahu membahu membantu, sabarki saja semoga besok bantuan akan terus berdatangan,” ujarnya kepada warga di Pengungsian.

Selama meninjau lokasi banjir di Lutra, Andi Sudirman Sulaiman didampingi oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani; ketua DPRD Lutra, Basir; dan Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak.

Sumber : Irma
Editor : Syahrul

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya