Tauwwa PLHUT Segera Hadir di Bulukumba

28 July 2020 00:45
Tauwwa PLHUT Segera Hadir di Bulukumba

BugisPos.- Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bulukumba patut berbangga dan bersyukur, karena akan dibangun Gedung Megah yang diberi nama Gedung Pusat layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

Senin (27/7) sore tadi, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel Anwar Abubakar, meletakkan batu pertama gedung tersebut,  diawali  pembacaan Do’a oleh Kepala KUA Kec. Ujungbulu HM. Ansar Mahdy, dan  kegiatan itu juga dihadiri Kepala Bidang PHU H. Kaswad Sartono, Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulsel. HM. Natsir dan sejumlah Kepala Seksi Kemenag Kabupaten Bulukumba dan para Penghulu dan Penyuluh Agama KUA Kec. Ujungbulu.

Pada kesempatan itu. Kepala Kantor Kemenag Bulukumba H. Ali Yafid dalam laporannya menyampaikan, bahwa lokasi pembangunan gedung PLHUT yang terletak di jalan Teratai Kelurahan Caile, adalah bekas Kantor Dep. Agama pada tahun 1970 an dan merupakan pembangunan PLHUT kedua di Sul-Sel setelah Kab. Wajo yang telah diresmikan pemakaiannya Tahun 2019 lalu.

Ali Yafid menyampaikan terima kasih kepada Ka.Kanwil dan Kabid PHU Kemenag Sul Sel atas penetapan Bulukumba Sulsel sebagai lokasi pembangunan kedua PLHUT di Sulsel.

“ Kami berharap gedung ini akan menjadi monument abadi yang mendatangkan manfaat dan keberkahan bagi masyarakat Bulukumba,” harap Ali Yafid.

Mantan Kabid PAIS Kemenag Sulsel ini juga melaporkan, saat ini Kementerian Agama Bulukumba sudah menjalankan dan menggalakkan program manasik sepanjang tahun, berupa pendampingan dan bimbingan kepada seluruh calon jemaah haji di tingkat kecamatan bahkan Desa/Kelurahan yang dilaksanakan oleh para penyuluh Agama dan KUA se Kab. Bulukumba.

Termasuk soal ilmu dasar agama, seperti mengaji, sholat, wudhu, tayammum dan manasik haji dan umrah, sehingga diharapkan calon Jemaah haji Bulukumba jauh hari sebelum berangkat ke Tanah suci, mereka sudah siap secara wawasan keilmuan terkait Ibadah haji, termasuk prakteknya.

Sementara itu
Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel Anwar Abubakar, usai meletakkan batu pertama, menitip pesan kepada kontraktor pelaksana, agar pekerjaan pembangunan gedung tersebut, dikerjakan dengan baik, sesuai bestek sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang sesuai yang diharapkan.

Dia juga mengajak Kementeriaan Agama dan masyarakat Bulukumba, agar nantinya
memanfaatkan keberadaan PLHUT tersebut dengan baik khususnya bagi pelayanan umat terkait ibadah haji dan umrah.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Prov. Sulsel Kaswad Sartono, menyampaikan bahwa Gedung PLHUT tersebut, nantinya akan menyediakan fasilitas berupa ruang layanan Haji dan Umrah seperti ruang tunggu yang nyaman, aula pertemuan yang luas dan bisa dimanfaatkan untuk manasik haji dan praktek dengan membuat miniatur Ka’bah, studio Foto bagi calon Jamaah, counter untuk Bank Syariah penerima setoran haji.

Selain itu gedung tersebut nantinya tidak hanya melayani pendaftaran dan pembatalan haji dan umrah, tapi juga melayani segala informasi buat masyarakat terkait haji dan umrah.-( Suaedy )

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya