Ommale, Mediasi Gagal, Kuasa Hukum Kawali Gugat PLTU Punagaya

05 August 2020 15:14
Ommale, Mediasi Gagal, Kuasa Hukum Kawali Gugat PLTU Punagaya
Dr. Muhammad Nur, SH, M.Pd, MH

BugisPos — Akibat mediasi antara kuasa hukum Kawali yang dikuasakan kepada Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Law Firm DR.Muhammad Nur, SH, MH & Associates dengan pihak PLTU Punagaya gagal. Pihak kuasa hukum menyiapkan materi gugatan ke Pengadilan Negeri Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Kuasa Hukum Kawali, DR.Muhammad Nur, SH, MH, mengatakan materi gugatan kita siapkan apabila PT.PLN ( Persero ) PLTU Punagaya Jeneponto tidak mengakomodir ganti rugi warga yang dirugikan padahal sudah ada rekomendasi dari pemerintah baik dari Pemda Jeneponto dan Pemprov Sulawesi Selatan.

“PT.PLN ( Persero ) PLTU Punagayya Jeneponto telah merugikan klien kami dimana sumur usaha warga tidak lagi di fungsikan karena adanya pencemaran dan merugikan Kawali hingga milyaran rupiah,” tegas DR.Muhammad Nur, SH, MH.

“Beberapa hari lalu pihak PT.PLN ( Persero ) PLTU Punagayya Jeneponto sudah sepakat untuk melakukan mediasi dengan kuasa hukum Kawali namun mediasi tersebut gagal karena pihak
PT.PLN ( Persero ) PLTU Punagaya Jeneponto tidak hadir padahal undangan telah disepakati bersama,” ungkapnya.

“Adapun alasan pihak PLN tidak menghadiri mediasi kami tidak tahu, karena sampai waktu yang ditentukan sesuai surat yang kami kirim atas kesepakatan pihak kami dan pihak PLN, setelah itu kami bangun koordinasi melalui sekertaris advokat tapi tidak ada jawaban,” ujarnya kepada BugisPos, Rabu (5/8/2020).

“Gagalnya mediasi sebagai bentuk PT .PLN ( Persero ) PLTU Punagaya Jeneponto tidak ada niat baik sehingga proses hukum akan kita lakukan dengan mendaftar gugatan ke Kepengadilan Negeri Jeneponto,” tambahnya.

“Pihak kawali akan menuntut 12 M karena sumur usaha milik Kawali merupakan warisan turun temurun untuk keluargannya dan dengan adanya pencemaran disebabkan abu oleh PLN sehingga usaha sumur Kawali berhenti total. Bukan itu saja, ada juga warga yang melakukan gugatan di PN Jeneponto,” pungkasnya

Pihak PLTU Punagaya dalam hal ini H. Sangkala ketika dikonfirmasi via WA terkait gagalnya mediasi belum memberikan jawaban, padahal pesannya telah tercontreng dua warna biru yang artinya telah dibaca.

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya