Baznas Enrekang Salurkan ki Tauwwa Bantuan Program Peduli

12 August 2020 19:47
Baznas Enrekang Salurkan ki Tauwwa Bantuan Program Peduli

BugisPos – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Enrekang menyalurkan Santunan Langsung Tunai (SLT ) melalui program Enrekang Peduli yang merupakan salah satu Program Baznas Enrekang.

Penyaluran santunan langsung tunai triwulan 2 tahun 2020 diberikan kepada Mustahik atau warga kurang mampu, usia lanjut atau jompo, sudah berlansung di 112 Desa 17 Kelurahan .

Jenis Program Enrekang peduli dari Baznas Enrekang ini sudah berjalan tiga tahun. Dan kali ini penyerahan SLT sebanyak 150 Mustahik yang telah berlangsung di beberapa Desa dalam wilayah Kecamatan Anggeraja

Menurut Ketua UPZ Kecamatan Anggeraja Muhammad, S. Ag saat dikonfirmasi, Pada Triwulan ke dua tahun 2020 ini, Pihak Baznas Enrekang menyiapkan dana sebesar Rp 580.500.000 ,untuk Satu penerima mendapatkan Rp150 ribu/ bulan dan diberikan setiap tiga bulannya.

“Wilayah Kecamatan Anggeraja kita siapkan dana dari 150 penerima dari 15 Desa berjumlah Rp 67.500.000” ungkapnya

Pada saat penyerahan santunan ini, Ketua UPZ Kecamatan mengatakan, bantuan disalurkan melalui Koordinator UPZ Desa nanti diantar kerumah penerima manfaat Zakat yang memang sudah terdaftar sebagai penerima.

“Untuk itu, kami berharap bantuan berupa santunan langsung tunai ini bisa membantu warga fakir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ini juga salah bentuk solusi mengentasan kemiskinan ,katanya.

Dikatakan pula santunan yang diberikan ini merupakan bantuan konsumtif dengan tujuan agar dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari hari, imbuh Muhammad.

Koordinator UPZ Desa Bubun Lamba Andi Nasruddin, mengatakan penerima adalah mereka warga fakir yang sangat rentan kena COVID-19 karena sudah umur, jompo, sakit menahun, telah didata serta di validasi dengan ketat oleh para Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing desa dan kelurahan,” dijelaskan saat penyaluran kepada tiap penerima SLT, Dusun Bunggawai Anggeraja, Rabu ( 12/8/2020)

Ditambahkan pula Andi Sapaan akrabnya yang juga berprofesi sebagai Wartawan , Para Amil Zakat yang akan bertugas menjalankan program penyaluran zakat dengan model door to door ini adalah koordinator desa (Kordes) Unit Pengumpul Zakat yang sudah dibekali pengetahuan, mental dan metode kerja

Untuk diketahui bahwa Dana santunan langsung Tunai, yang disalurkan Baznas itu masih bersumber dari Dana zakat profesi ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Enrekang. Semoga kepedulian tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin apa lagi dimasa sulit adanya pandemi covid -19, ,pungkasnya.

Penerima SLT, Ramasi mengucapkan banyak terima kasih pada pihak ASN melalui Baznas Enrekang yang sangat peduli terhadap kami yang sudah lanjut usia dan kurang mampu, juga meminta agar program yang mulia dari Baznas Enrekang ini terus dihadirkan ,pintanya.

Laporan : m.syafar

Editor : Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya