HTTP Status[404] Errno [0]

Kodong, 10 Hektar Lahan kebun Milik Warga Terbakar ki ri Jeneponto

05 September 2020 19:43
Kodong, 10 Hektar Lahan kebun Milik Warga Terbakar ki ri Jeneponto
kebakaran lahan kering atau semak di areal perkebunan warga di Dusun Tangkulu, Desa Tanammawang, Kecamatan Bontoramba

BugisPos- kebakaran lahan kering atau semak di areal perkebunan warga di Dusun Tangkulu, Desa Tanammawang, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, terbakar, Sabtu, (05/09/20).

Kasubag Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul Regama mengatakan, kebakaran lahan perkebunan milik warga pertama kali diketahui masyarakat sekitar, sekira pukul 13.00 Wita. Namun kobaran api itu tidak diketahui penyebabnya.

“Kondisi cuaca yang panas dan kencangnya hembusan angin, membuat api cepat merembet,” kata AKP Sahrul Regama.

“Berdasarkan informasi yang kami himpun di lokasi, api pertama kali muncul dari atas bukit yang tidak jauh dari perkampungan, api begitu cepat merambah karena angin kencang dan rumput kering,” lanjut Syahrul Regama.

“Kebakaran cepat teratasi setelah 3 unit pemadam kebakaran tiba di lokasi melakukan proses pemadaman,” bebernya.

“Akibat kejadian ini luas lahan yang terbakar seluas 10 hektar yang merupakan milik dari empat orang warga setempat,” tuturnya.

Menanggapi kejadian ini, Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran lahan ataupun permukiman warga, seperti membuang puntung rokok di sembarang tempat, terkhusus ke permukaan kering yang mudah terbakar.

“Kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada kebakaran karena saat ini cuaca yang panas dan angin kencang, jangan membakar atau membersihkan lahan tidur apabila tidak diawasi, tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat yang dapat mengakibatkan timbulnya api hingga kebakaran,” ungkap AKP Syahrul Regama.

Diketahui saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan penyebab pasti dari kebakaran lahan tersebut.

Sumber : Haries

Editor : Zhoelfikar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya