Mantap Tauwwa, Dinas Kesehatan Jeneponto Gelar ki Pelatihan Kesehatan Masyarakat

17 September 2020 13:53
Mantap Tauwwa, Dinas Kesehatan Jeneponto Gelar ki Pelatihan Kesehatan Masyarakat
Pelaksana Tugas (Plt) kepala dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto Syusanti Mansyur mengatakan dalam sambutanya, Masalah gizi yang menjadi perhatian utama dunia saat ini adalah anak balita pendek (Stunting).

BugisPos — Dinas Kesehatan kabupaten Jeneponto Melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) menggelar Pelatihan Komunikasi Perubahan Perilaku, PMBA, Tatalaksana Gizi Buruk Dan Penggerakan Masyarakat di Aula Lantai Dua Hotel Binamu, Jalan Anggrek, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Jeneponto, Kamis (17/9/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) kepala dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto Syusanti Mansyur mengatakan dalam sambutanya, Masalah gizi yang menjadi perhatian utama dunia saat ini adalah anak balita pendek (Stunting). Anak balita stunting tidak disebabkan oleh keturunan tetapi umumnya oleh kekurangan gisi dan mengalami sakit dalam waktu relatif lama.

Upaya peningkatan status gizi masyarakat tidak hanya cukup dengan meningkatkan peluasan jangkauan pelayanan saja, tetapi dibarengi dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat khusunya kader sebagai ujung tombak pelayanan.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader dalam membantu penanggulang masalah gizi melalui pelatihan komunikasi perubahan perilaku, PMB, Tatalaksana Gisi Buruk dan Penggerebekan Masyarakat, agar mampu menggatasi secara mandiri dalam menagani masalah,” kata Syusanti Mansur.

Pada kesempatan yang sama, Kepala bidang Kesmas Dinas Kesehatan Jeneponto Kamal Menyampaikan kegiatan pelatihan komunikasi perceparan penurunan stunting melalui intervensi gizi spesifik, dimana kita harapkan supaya informasi tentang ini melalui diklat ini.

“Harapan kita bagaimana pelatihan ini dapat memberikan Informasi teman temanya dan nantinya dia akan jadi pasilitator dilapangan,” ucap Kabid Kesmas Kamal.

Ia pun menyampaikan, setelah diklat selesai dilaksanakan semuanya mampu melakukan pergerakan kemasyarakat tentang pencegahan dan bagaimana penanggulangan ditengah masyarakat.

“Iya kami berharap setelah ini, insy aAllah permasalah tentang kesehatan prioritas nasional, itu lebih derajat lebih pokus dan sehingga kedepanya Jeneponto ini terbebas dari kesehatan yang bermasalah,” Harap Kamal.

Dimana kegiatan dengan tetap mengedepankan protokol Kesehatan, seperti Pakai Masker dan Jaga jarak, yang dilaksanakan di Aula Lantai Dua Hotel Binamu, Kamis (17/9/2020).

Turut Hadir, Plt Kadis Kesehatan Syusanti Mansyur, Dua pemateri dari Dinas Kesehatan Provensi Sulsel, Drg Burhanuddin bersama Sry Wahyuni, Empat Kepala Puskesmas Locus Stunting, Petugas gizi semua puskesmas, Kabid Kesmas Kamal, Tenaga gisi, Prokes serta kader.

Sumber : Haries

Editor :Zhoelfikar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya