Luar Biasa Tauwwa Respon Warga Soal Lampu Jalan

19 September 2020 18:41
Luar Biasa Tauwwa Respon Warga  Soal Lampu Jalan

BugisPos —  Di lingkup Dinas Pekerjaan Umum kota Makassar, terdapat emapt bidang dan tiga UPTD, yakni Bidang Jalan dan Jembatan, Bidang Prasarana Bangunan Pemerintah, Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase, dan Bidang Bina Teknik, UPTD Perbengkelan, UPTD Pengelola Air Limbah, UPTD Kelistrikan

UPTD Kelistrikan Dinas PU Kota Makassar yang dinakhodai A. Achmad Jusri,ST,MSi ini, diperkuat oleh 130 SDM, di antaranya terdapat 40-an tenaga kontrak.

Mereka inilah yang turun setiap hari, siang dan malam, memberikan pelayanan ke masyarakat di bidang sarana lampu jalan.
Kepala UPTD Kelistrikan, H. Acmad Jusri dutemui BugisPos di kantornya, Jumat, 18/9/20, menjelaskan, dalam pelayanan lampu jalan, dia bagi tugas pelayanan dengan menurunkan sebanyak 9 tim pada pagu hari, 1 tim pada sore hari, dan 4 tim pada malam hari.
Tiap tim terdiri atas 4 orang. Dalam sehari biasanya tim ini melayalani sampai 100 objek perbaikan lampu jalan sesuai surat perintah kerja (SKP). Artinya, dalam sebulan bisa sampai 3.000 titik mata lampu yang diperbaiki, misalnya balon lampu jalan yang mati, ada gangguan kabel sehingga mata lampu tak menyala, atau ada mata lampu baru baru yang memerlukan sambungan kabel.
Penulusuran BugisPos di lapangan menunjukkan rasa puas masyarakat atas pelayanan UPTD Kelistrikan Dinas PU Makassar. Bahkan sampai ada istilah yang muncul di tengah masyarakat, bahwa belum panas tempat duduk lampu jalannya sudah diperbaiki dan kembali menyala.
Kota Makassar yang luasnya 175,77 km2, memiliki sebanyak 26.063 titik lampu penerangan jalan umum (PJU) dan 1.226 panel PJI. Sarana inilah yang setiap harinya membutuhkan pemeliharaan, agar aktifitas warga tidak sampai terganggu hanya karena lampu jalan tidak menyala.
Untuk tahun 2020, UPTD Kelistrikan mengelola anggaran sebesar Rp 72 milyar, yang terbagi untuk biaya perbaikan lampu jalan Rp22 milyar dan pembayaran rekening listrik lampu jalan sebesar Rp50 milyar (*)

Editor : Zhoelfikar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya