Magello, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel Gelar Sosialisasi Wisata Halal

25 September 2020 21:19
Magello, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel Gelar Sosialisasi Wisata Halal
Pemateri Nasional R. Wisnu Rahtomo, MM. didampingi Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dra. Hj. Djamila Hamid dan Kepala Seksi Industri Pariwisata Hariyani, S.Ag. MAP. pada kegiatan Sosialisasi Wisata Halal di Hotel Pesonna, Makassar tanggal 23 September 2020.

BugisPos — Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, melalui Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Wisata Halal yang dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020 di Hotel Pesonna, Makassar dengan Tema yang dipilih ialah : “Kebijakan, Prospek dan Tantangan Wisata Halal Dalam Perspektif Multidimensi di Sulawesi Selatan.

Dra. Hj. Djamila Hamid selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Sosialisasi, menyampaikan bahwa Sosialisasi Wisata Halal ini diselenggarakan secara kontinyu untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha industri pariiwisata tentang wisata halal, terkait pengembangan pariwisata dan percepatan pengembangan wisata halal di Sulawesi Selatan.

Turut disampaikan pula bahwa seyogyanya seluruh pelaku usaha jasa industri pariwisata untuk melengkapi diri dan usahanya, dengan ketentuan penyelenggaraan wisata halal, karena wisata halal saat ini memiliki prospek pengembangan yang sangat potensial.

Kabid Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata ini selanjutnya menyampaikan pula, bahwa melalui pengembangan destinasi dan industri pariwisata halal akan meningkatkan kunjungan wisatawan yang pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumberdaya Pariwisata, Bruno S. Rantetana SH., “tujuan yang ingin dicapai adalah memberikan pemahaman terkait wisata halal yang biasa juga disebut Muslim Friendly kepada daerah dan masyarakat serta untuk mendorong percepatan pengembangan wisata halal di Sulawesi Selatan.

“Sulawesi Selatan dengan mayoritas penduduknya adalah muslim termasuk salah satu dari sepuluh destinasi pilihan wisata halal di Indonesia”, demikian disampaikan Bruno S. Rantetana, SH..

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Prov. Sulsel, Ir. Denny Irawan Saardi, MSi. dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa Wisata Halal memiliki 3 kriteria dan 11 indikator turunan, seperti destinasi ramah keluarga, layanan dan fasilitas ramah muslim, dan lain-lain, serta penunjang usaha pariwisata seperti sistem transportasi, hotel/restauran dan pemandu wisata yang kesemuanya dikemas dalam nuansa ramah muslim.

Dijelaskan dalam sambutan tertulis tersebut, bahwa di Kota Makassar khususnya, baru terdapat 5 hotel dan 3 restoran yang tersertifikasi halal berdasarkan data MUI. Diharapkan semua level yang terdiri dari Pemerintah, Stakeholder, Praktisi, Pelaku Usaha, Media, Ulama dan seluruh elemen masyarakat bisa berperan aktif dalam pengembangan dan percepatan wisata halal di Sulawesi Selatan sehingga dapat sektor pariwisata di Sulawesi Selatan dapat semakin berkembang yang tentunya akan berdampak pada perekonomian baik daerah maupun masyarakat.

Kegiatan Sosialisasi Wisata Halal yang dilaksanakan ini diikuti oleh berbagai kalangan yang terkait sektor pariwisata seperti Dinas Pariwisata kabupaten/kota, HPI Sulsel, ASITA, PHRI, GIPI, YLK, CHTH, IHGMA, berbagai media baik cetak maupun online dan pelaku usaha pariwisata lainnya.

Narasumber pada kegiatan ini adalah R. Wisnu Rahtomo, MM., Dosen STP NHI Bandung, Assoc. Prof. Ir. H. Muhammad Nusran, Ph.D. selaku Direktur HIDI dan Junaedi B., S.Sos. MH selaku Plt. Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulsel.

Sebagai kesimpulan dari kegiatan Sosialisasi Wisata Halal yang digelar di Hotel Pesonna Makassar tanggal 23 September 2020 yang didukung pula oleh materi-materi yang dikemukakan, bahwa perlu dilakukan pengembangan dan percepatan Wisata Halal di Sulawesi Selatan baik dari sisi kebijakan, kemitraan maupun perilaku masyarakat untuk meningkatkan kunjungan wisata
dan perekonomian daerah Sulawesi Selatan.

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya