Tauwwa, Puskeswan Maros Peringati ki Bulan Bakti Peternakan

01 October 2020 10:43
Tauwwa, Puskeswan Maros Peringati ki Bulan Bakti Peternakan
Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PUSKESWAN Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros.

BugisPos — Dikutip dari jurnal kementrian pertanian tahun 2012,Dalam catatan sejarah di bidang peternakan dan kesehatan hewan pada tanggal 26 di Agustus 1836, Pemerintah Hindia Belanda untuk pertama kalinya menerbitkan sebuah ketetapan melalui plakat tentang larangan pemotongan sapi betina produktif sehingga momentum tersebut dijadikan pertimbangan para sesepuh, para pakar, organisasi profesi, asosiasi dan perusahaan di bidang peternakan serta kesepakatan bersama tanggal 26 Maret 2003 ditetapkan sebagai “Hari Lahir Peternakan dan Kesehatan Hewan” dan tanggal 26 Agustus sampai dengan 26 September ditetapkan sebagai Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Maka dari itulah salah satu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PUSKESWAN Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros.

Kami pusatkan acara Bulan Bakti Peternakan di dusun Tana Lompoa Desa Sambueja Kec. Simbang Kab.Maros, karna lokasi tersebut baru mendapatkan layanan kesehatan hewan dan memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada peternak di Desa Sambueja bahwa jikalau ada ternaknya yang sakit jangan langsung menelpon pedagang karna ternak yang sakit kemudian di jual pasti harga akan jatuh, jadi nilai ekonomi peternak akan menjadi lebih baik di banding tahun nya, sebagaimana tema Bulan Bakti tahun ini yaitu “Saatnya Peternakan dan Kesehatan Hewan Berjaya, Profesional,Mandiri dan Modern” sambut dr. H. Ujistiani Abidin.

Darawati S. SP.d (kepala desa Sambueja) sangat mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan UPTD PUSKESWAN Kab.Maros, atas adanya kegiatan seperti ini, agar menjadi stimulus dimasyarakat Desa Sambueja akan adanya kesadaran tentang pentingnya ternak yang sehat dan hewan mempunyai bobot yang baik sehingga menjadi nilai tambah pada perekonomian sehingga masyarakat akan lebih sejahtera.

Daeng Baso (ketua kelompok tani manunggal) juga sangat mengapresiasi akan adanya Kegiatan Bulan Bakti ini,karna baru kali ini diadakan di desa kami,dan menjadi informasi baru kepada kami bahwa akan pentingnya merawat ternak secara baik dan modern. Kami juga sudah mudah dalam mendapatkan layanan kesehatan Hewan karna kami sudah mendapatkan nomor layanan petugas dari tim UPTD PUSKESWAN.

Kegiatan ini juga di hadiri staf bidang peternakan, Koordinator BPP (Badan Penyuluhan Pertanian)Kecamatan Simbang beserta Staf.

“Adapun kegiatan kami di Bulan Bakti Peternakan ini adalah memberikan Viatamin,obat cacing, memberikan pengobatan hewan yang sakit dan pemeriksaan reproduksi pada hewan dan jumlah yang kita layani pada kegiatan ini yaitu sapi sekitar 80an ekor” ungkapnya dr. H. Ujis.

“Dengan kegiatan ini juga agar menjadi stimulans bagi peternak di desa lain di Kab Maros, bahwa setiap masalah ada solusinya,seperti Masalah kesehatan hewan ini,dan juga mengingat akan nilai ekonomi saat ternak kita sehat dibanding kita jual saat sakit. Kami ingatkan lagi bahwa kalian dirumah saja, telpon maki kalo ada ternak ta sakit, kami layani secara Gratis selama persediaan Obat kami masih ada sambung”, dr. H. Ujistiany Abidin.

Editor : Syahrul

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya