Ommale Karaeng, Banyak Oknum RI Jeneponto Kendaraan Dinas na Ubahki Jadi Plat Pribadi

07 October 2020 15:33
Ommale Karaeng, Banyak Oknum RI Jeneponto Kendaraan Dinas na Ubahki Jadi Plat Pribadi
IPDA Mustafa Aziz.

BugisPos – Fasilitas kendaraan dinas (Randis) dari pemerintah yang diberikan ke sejumlah pegawai aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Jeneponto disalahgunakan banyak oknum.

Kendaraan dinas berupa sepeda motor yang seharusnya berplat merah, mendadak diganti menjadi plat hitam.

Pantauan Bugispos.com, sepeda motor dinas merek Yamaha MX 150 CC dan Suzuki Smash sedang berjejeran di halaman kantor Bupati Jeneponto, Rabu 7/10/2020.

Ada dua buah Motor yang seharusnya berplat merah berganti menjadi plat Hitam atau pribadi, dengan Nopol DD 5134 G dan DD 4596 G.

Kanit Regident polres Jeneponto IPDA Mustafa Aziz mengatakan, pergantian plat warna merah menjadi plat hitam itu merupakan pelanggaran.

“Jelas tidak boleh itu merupakan pelanggaran, merujuk pada undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas, nopol atau TNKB setiap motor wajib disertai TNKB yang resmi,” ucap IPDA Mustafa Aziz.

“Jadi, jika ada kendaraan atau TNKB tidak sesuai dengan yang dikeluarkan oleh Polri, maka itu pelanggaran Lalulintas berdasarkan ketentuan Pidananya Kurungannya 2 bulan dan denda 500.000 ribu rupiah,” lanjutnya.

Ia menambahkan, Kendaraan dinas yang TNKBnya di rubah plat merah menjadi plat hitam akan ditindaki sesuai ketentuan dan kewenangannya sebagai anggota Polri.

“Kami harap terkhusus untuk kendaraan dinas yang sebelumnya plat merah merubah menjadi plat hitam, tolong gunakan plat sebetulnya yang sudah di tetapkan oleh kepolisian,” tutup Kanit Regident polres Jeneponto IPDA Mustafa Azis.

Sumber : Haries

Editor ZHoelfikar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya