Matemija, Pemkot Makassar Akan Gelar ki Nikah Massal

14 October 2020 20:13
Matemija, Pemkot Makassar Akan Gelar ki Nikah Massal
ilutrasi Gambar

BugisPos  – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, dalam hal ini Pj Walikota Makassar Rudy Djamaluddin menerima kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Muhtadin Selasa, 13 Oktober 2020 di Rumah jabatan (Rujab) Wali Kota Makassar.

Adapun dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-431 Kota Makassar 9 November mendatang, Pemkot akan mengadakan nikah massal. Nantinya sebanyak 413 pasangan akan dinikahkan pada momentum ini.

Dalam menggelar kegiatan ini, Pemkot Makassar bekerja sama dengan pengadilan Agama Kelas 1A, Dinas Sosial, dan Kementerian Agama Kota Makassar. Rencananya, nikah massal ini akan digelar bulan November di salah satu gedung sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pj Walikota MakassarRudy Djamaluddin mengatakan bahwa program tersebut merupakan upaya pemerintah. Dalam membantu warga yang terkendala urusan administratif.

“Ini bagian dari upaya untuk membantu warga kita yang selama ini terkendala berbagai urusan-urusan administratif akibat belum memiliki surat pernikahan yang legal,” jelas Rudy.

Rudy menambahkan bahwa kegiatan nikah massal yang akan digelar nanti, dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan Kartu Keluarga dan akta kelahiran.

“Kita berharap, dengan kegiatan nikah massal ini, persoalan-persoalan administrasi yang selama ini dihadapi masyarakat bisa diselesaikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Jaminan Kesejahteraan Sosial Dinsos Makassar, La Heru mengungkapkan bahwa saat ini tim Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) tengah melakukan pendataan di seluruh kecamatan di Kota Makassar dan memberikan kesempatan kepada pasangan yang imgin mengikuti program nikah massal.

“Kita memberi kesempatan kepada pasangan yang sudah menikah namun belum memiliki surat nikah. Silahkan berkordinasi dengan TKSK yang ada di setiap kecamatan,” ungkap La Heru.

Adapun program nikah massal ini kata La Heru dibuka untuk umum. Namun, diperioritaskan bagi pasangan yang sudah menikah tetapi belum memili legalitas pernikahan.

Meski demikian bagi yang baru mau menikah tak perlu khawatir karena Pemkot tetap membuka kesempatan bagi pasangan yang baru mau menikah. Caranya dengan menghubungi TKSK yang ada di setiap kecamatan

“Untuk jadwalnya, belum kita pastikan yang jelasnya di bulan November di masa HUT Makassar. Untuk lokasi, kita akan koordinasikan dengan Disdik karena kita mau gelar di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan,” tutur La Heru.***

Editor ; Zhoelfikar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya