Tauwwa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Serahkan Bantuan Hibah untuk Perpustakaan Desa

14 October 2020 23:53
Tauwwa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Serahkan Bantuan Hibah untuk Perpustakaan Desa
Penyerahan bantuan hibah berupa 300 eksemplar buku, dua buah rak buku dan dua unit komputer untuk masing-masing titik perpustakaan penerima manfaat ini

BugisPos — Dalam rangka mendukung program Gubernur Sulsel untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan mencerdaskan anak bangsa dari desa, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan di dukung oleh anggota DPRD Sulawesi Selatan, menyerahkan bantuan hibah kepada sejumlah perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Gowa.

Penyerahan bantuan hibah berupa 300 eksemplar buku, dua buah rak buku dan dua unit komputer untuk masing-masing titik perpustakaan penerima manfaat ini, juga merupakan bagian dari replikasi mandiri program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Sulawesi Selatan.

Penyerahan bantuan ini dilakukan di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Gowa. Selasa (13/10/2020) penyerahan bantuan dilakukan di tiga titik yaitu di Perpustakaan Desa Romang Lasa Kecamatan Bontonompo, Rumah Baca Aksara Parannuanta Desa Tindang Kecamatan Bontonompo Selatan dan di Perpustakaan Desa Bategalung Kecamatan Bontonompo.

Penyerahan bantuan tersebut berlanjut hingga Rabu (14/10/2020) yang dilakukan di Perpustakaan Desa Tanabangka Kecamatan Bajeng Barat dan di Perpustakaan Desa Lempangan Kecamatan Bajeng.

Penyerahan bantuan untuk masing-masing perpustakaan penerima manfaat ini dilakukan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel yang diwakili pelaksana kegiatan replikasi mandiri Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Sulsel Nilma, di dampingi Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif dan PIC Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Sulsel Nazaruddin.

Penyerahan bantuan di Perpustakaan Desa Romang Lasa dan di Taman Baca Aksara Parannuanta juga dihadiri langsung Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gowa Andi Tenri Indah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa Muh. Taslim, Sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Gowa Muh. Idris Rate. Penyerahan bantuan di Perpustakaan Desa Bategulung juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Gowa dari Fraksi Gerindra Dian Purnamasari. Sedangkan penyerahan bantuan di Desa Lempangan juga dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Gowa Nasruddin Sitakka.

Bantuan untuk Perpustakaan Desa Romanglasa diterima langsung kepala desanya Abdul Haris, sedangkan bantuan untuk Rumah Baca Aksara Parannuanta diterima oleh pengelola rumah baca disaksikan Kepala Desa Tindang Kamaruddin Gading. Sedangkan bantuan untuk untuk Perpustakaan Desa Bategulung diterima Kepala Desanya Tamrin, begitu juga bantuan untuk Perpustakaan Desa Tanabangka diterima Kepala Desanya Agustus B. Siala dan bantuan untuk Perpustakaan Desa Lempangan diterima Kepala Desa yang diwakili Sekdesnya H. Baharuddin.

Nilma yang mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel dalam acara penyerahan bantuan tersebut mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Bapak Gubernur Sulawesi Selatan bersama anggota DPRD Sulawesi Selatan dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan kualitas sumber daya manusia masyarakat Sulawesi Selatan.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gowa Andi Tenri Indah, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan juga kepada Wakil Ketua DPRD Sulsel Darmawansyah Muin.
“Ini salah satu bentuk kepeduliannya bagi masyarakat Kabupaten Gowa,” kata Andi tenri Indah sembari berharap bantuan ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat dan bernilai ibadah.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa Muh. Taslim mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan wujud dari kepedulian Pemerintah Provinsi dan anggota DPRD Sulsel kepada masyarakat Kabupaten Gowa.

Menurutnya, jika melihat SK Gubernur Sulsel tentang penyerahan hibah barang untuk perpustakaan desa ini, Gowa mendapatkan bantuan di 12 titik dan ini yang terbanyak. Ia pun mengharapkan agar program ini berkelanjutan, sehingga dapat memberi manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat. * (naz)

Editor : Zhoelfikar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya