Editor : ZHoelfikar

Rusdi Masse Tau Makessing

26 October 2020 12:57
Rusdi Masse Tau Makessing
Oleh Usdar Nawawi

Rusdi Masse ketua NasDem Sulsel

BugisPos — Menjadi seorang pemaaf, itu tidak gampang. Tidak banyak orang yang mudah memaafkan seseorang yang telah merugikan dirinya.

Memaafkan seseorang, siapapun dia, yang telah melakukan sesuatu sehingga menimbulkan kerugian dan menghasilkan rasa kecewa dan sakit hati, tak banyak orang yang bisa melakukannya dalam waktu yang singkat. Banyak orang yang kemudian memaafkan seseorang atas perbuatannya, tetapi pada umumnya itu dilakukan dalam tenggang waktu yang lama. Tidak serta-merta.

Anda telah melakukan kejahatan yang telah merugikan pihak saya, ayo silahkan ke sana ke Polisi mempertanggung jawabkan perbuatan Anda. Biarkan pengadilan nanti yang memutuskan di meja hijau, seberapa berat hukuman penjara buat Anda
Seperti itu kira-kira bahasa yang dilontarkan seseorang, yang kantornya dibakar oleh seseorang atau sekelompok orang. Tetapi ternyata seorang Rusdi Masse, ketua DPD NasDem Sulsel yang kini duduk di DPRD RI, tak mengatakan hal seperti itu. Bahkan dia mengatakan yang sebaliknya, bahwa dia memaafkan sekelompok orang yang membakar kantor NasDem DPD II Kota Makassar di Jl.AP Pettarani, Kamis malam, 22 Oktober 2020.

Bahkan Rusdi Masse yang mantan bupati Sidrap dua periode ini, berjanji akan melakukan komunikasi ke semua pihak, agar ke-11 orang tersangka pembakar kantor NasDem Makassar bersama sebuah ambulans tersebut, biar mereka dibebaskan dan kasusnya dihentikan.

Rusdi Masse berpandangan, aksi mahasiswa yang dimaknai sebagai demonstrasi itu adalah hal biasa dalam dunia pergerakan. Dunia demo-demo.

Mahasiswa itu hanya terbawa emosi sesaat waktu melakukan aksi pembakaran kantor dan ambulans NasDem.

Mereka tak perlu disalahkan. Insya Allah NasDem memaafkan. Kata dia, kita ini kental dengan adat Bugis Makassar.

Tuhan saja memaafkan. Memang satu ambulans dibakar, tapi DPP NasDem memberi 20 ambulans yang baru sebagai gantinya.

Sikap dan keputusan Rusdi Masse ini, sungguh tak banyak orang yang bisa menyamainya. Ini contoh manusia berkarakter yang patut diteladani banyak orang.

Dia tau makessing (orang baik) Dan inilah yang sesungguhnya contoh karakter orang Bugis Makassar. Manusia pemaaf. Semaikin banyak orang seperti Rusdi Masse maka akan semakin amanlah kampung kita.

Kita tahu di masa-masa yang lalu, setiap ada demo, ada-ada saja yang dirusak pendemo, ada show room dilempari, dibakar.

Dan mereka pun diproses hukum, tapi tak ada yang memberi maaf kepada mereka.

Sebetulnya, apa yang menjadi sikap Rusdi Masse ini, bisa memberi pengaruh yang baik bagi para pendemo ke depan. Pelajaran moral yang hebat, bahwa hak mengeluarkan pendapat di muka umum itu tak mesti dengan melakukan pengrusakan dan pembakaran.

Bakar ban bekas saja sudah cukuplah.
Mereka para pembakar ini sebenarnya sedang melakukan unjuk rasa menentang UU Cipta Kerja, tetapi kemudian beralih membakar kantor NasDem Makassar bersama ambulans NasDem. Padahal di lokasi ada beberapa tempat lain namun tak ikut dibakar.

Ada yang bilang, pendemo yang lantas membakar ini, disusupi politik skala Pilkada Wali Kota Makassar. Entahlah.

Yang pasti, bahwa Rusdi Masse telah memberi pelajaran moral yang maha hebat, yang patut dicontoh banyak orang. Bahwa janganlah sedikit-sedikit lapor polisi, sedikit-sedikit lapor polisi, sedikit-sedikit lapor polisi. Sebab hal seperti itu hanya akan menambah beban kerja bagi polisi kita.

Kamar LP juga akan semakin sesak, mau di mana lagi pemerintah membangun LP yang lebih luas ***

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya