30 Ribu Stiker Baznas Enrekang Siap Edar, Berbunyi, Sudakah Anda Zakat Mal/Harta, Ini mi Tujuannya

11 November 2020 13:01
30 Ribu Stiker Baznas Enrekang Siap Edar, Berbunyi, Sudakah Anda Zakat Mal/Harta, Ini mi Tujuannya
Program gerakan sadar zakat lewat media stiker yang berisi pesan " Sudahkah anda bayar zakat Mal

BugisPos — Berbagai langkah dan terobosan terus dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Enrekang untuk meningkatkan perolehan pengumpulan dan kesadaran zakat, infaq dan sodaqoh terutama dari kalangan masyarakat non PNS.

adalah mensosialisasikan zakat mal melalui stiker yang akan ditempel di pintu pintu rumah para Muzakki. Ini pesan pengingat atas kewajiban zakat harta untuk menyalurkan zakat melalui jaringan lembaga BAZNAS Enrekang. Ujar Wakil Ketua BAZNAS Enrekang Baharuddin, SE,MM.

lanjut beliau bahwa sasaran kita saat ini adalah para Muzakki non PNS Sebab sejauh ini para pelaku pedagang petani pengusaha masih sangat minim membayar zakat mal secara tertib sesuai syariat. Karena itu pola media kampanye stiker mudah mudahan bisa menggugah kesadarannya. Ada 30 ribu stiker siap edar, akan di tempel di tempat tempat umum, masjid, pos ronda, pintu rumah rumah para Muzakki di seluruh wilayah kabupaten Enrekang. Seluruh ASN sudah bayar zakat tapi kelompok masyarakat non ASN ini masih sulit pola pendekatan nya, karena itu pola kampanye gerakan sadar zakat melalu media yang bisa kami lakukan, ujarnya.

Dari ikhtiar media stiker yang kami tempel ini, kita berharap para Muzakki selalu terngiang dalam fikiran dan hatinya bahwa ada kewajiban rukun Islam yang setara dengan shalat, puasa dan lainnya.

Perbedaan mendasar zakat, infag dan sedekah terletak pada sipat hukumnya, yaitu Zakat Hukumnya Wajib Ain, infaq Hukumnya Fardhu Khifayah dan sedekah Hukumnya Sunah, seperti Zakat ditentukan nisabnya sedangkan infaq dan sedekah tidak memiliki batas.

Potensi zakat di Kabupaten Enrekang sekitar 35–40 milyar yang terealisasi, baru 7–10 milyar tiap tahun. Dibalik kesadaran berzakat akan terbentuk karakter personal, suka memberi, suka menolong, dari sini akan terbentuk karakter dan budaya suka tolong menolong ditengah masyarakat, jik muzakki memiliki prinsip hidup. Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama, atau menjadi Rahmat bagi seluruh alam.

Maka sesungguhnya inilah cita cita fundamental konsep zakat, akan mewujudkan keberkahan Negeri Toyyibatun Warabbul Ghafur.

Sumber : m.syafar
Editor. : Zhoel

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya