Aleg DPRD Makassar Andi Hadi Ibrahim Baso Sosialisasi ki Peraturan Daerah No. 9 T. A 2006

12 November 2020 09:37
Aleg DPRD Makassar Andi Hadi Ibrahim Baso Sosialisasi ki Peraturan Daerah No. 9 T. A 2006

Andi Hadi Ibrahim Baso Sosialisasikan Perda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Makassar

Anggota DPRD Kota Makassar Fraksi PKS Andi Hadi Ibrahim Baso melaksanakan sosialisasi peraturan daerah Nomor 9 Tahun 2016 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, Selasa (10 November 2020).

Kegiatan yang bertempat di Hotel Sarison ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh perempuan dan pecinta lingkungan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menyiapkan hand sanitizer, mengatur jarak, dan penggunaan masker oleh peserta.

Andi Hadi Ibrahim Baso menjelaskan mengapa Perda pengelolaan lingkungan hidup menjadi agenda penting disosialisasikan dan diketahui oleh masyarakat secara luas.

“Sosialisasi Perda Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup merupakan upaya penyadartahuan masyarakat kaitannya dengan pengelolaan lingkungan, perda ini mencakup kewajiban dan hak masyarakat, terutama hak memberikan informasi, peranannya dalam memanfaatkan dan menjaga kelestarian lingkungan”. Sambut Andi Hadi saat membuka acara sosialisasi.

Andi Hadi dalam materinya menambahkan bahwa perda perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup ini adalah tanggungjawab penyelenggara negara bersama Masyarakat Kota Makassar dalam melindungi, memelihara dan mengelola lingkungan hidup.

“Kedepannya perlu ditindaklanjuti dengan penguatan eksistensi perda melalu perwali sehingga perda ini lebih efektif ditengah lingkungan masyarakat”. Terang Ketua Fraksi PKS Andi Hadi

Abdullah Murdiono selakub praktisi lingkungan menambahkan perda ini mencakup perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan serta penegakan hukum.

“Tapi kalau dilihat ini perda sudah sangat bagus mencakup setiap sektor, baik persoalan pencemaran air, tanah, udara dan laut. Sisa realisasinya mami dilapangan ini yang perlu sama sama kita kawal”, jelas Murdiono yang juga ketua Passapeda Biringkanaya Kota Makassar ini.

Lebih lanjut Ustad Fathullah yang hadir sebagai pemateri menjelaskan bahwa peranan agama dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan sudah sangat sering disampaikan baik melalui mimbar ceramah maupun tekstual dalam Al-Qur’an.

“Kebersihan adalah bagian dari iman, ini adalah salah satu nasihat yang dari sejak kecil kita dengarkan. Islam rahmatan Lil Alamim, Islam rahmat bagi seluruh alam. Tinggal bagaimana kita saling menasihati dan mengingatkan dalam kebaikan.” Tutup ustad hafiz 30 juz ini.

Andi Hadi Ibrahim Baso berharap kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan masyarakat, terutama dalam melakukan aktivitas yang dapat berdampak pada keberlansungan lingkungan.

“Mariki’ saling mengingatkan tentang peran penting masyarakat dalam melakukan pengawasan (kontrol sosial) dan kepedulian dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup” tutup Anggota DPRD Kota Makassar ini.

Editor : ZHoelfikar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya