Editor ; Zhoelfikar

Pengurus Baru Gudep Pramuka SDN Borong Terbentuk mi Tauwwa

14 November 2020 17:29
Pengurus Baru Gudep Pramuka SDN Borong Terbentuk mi Tauwwa
Dalam musyawarah itu kami sekaligus mengevaluasi kegiatan yang sudah pernah dilaksnakn agar lebih baik lagi ke depan

BugisPos — Gugus Depan (Gudep) 06.029-06.030 SD Negeri Borong, mengadakan musyawarah untuk memilih ketua baru, pada Jumat, 13 November 2020. Musyawarah yang diadakan di SD Negeri Borong itu, dihadiri oleh Ketua Majlis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus), Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, yang juga merupakan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) SDN Borong, guru-guru dan beberapa peserta didik yang tergabung dalam Pramuka.

Hendriati Sabir menjelaskan, ada tiga agenda yang dilakukan. Selain memilih pengurus, dalam musyawarah itu juga mendengar laporan pertanggungjawaban pengusus lama, dan menyusun program tiga tahunan.

“Dalam musyawarah itu kami sekaligus mengevaluasi kegiatan yang sudah pernah dilaksnakn agar lebih baik lagi ke depan,” jelas Hendriati Sabir, yang juga merupakan Ketua Pusdiklatcab Pramuka Kota Makassar.

Dia menambahkan, musyawarah ini menjadi penting karena selama ini kegiatan yang dilaksanakan oleh Gudep hanya bersifat umum, insidentil, dan sesuka pembina karena tidak dibuatkan jadwal latihan.

Karena itu, kepada semua pengurus yang baru terpilih, dia berharap agar melaksanakn amanah organisasi sesuai yang ada dalam program yang sudah mereka susun bersama. Juga pelaksanaan latihan rutin kepada peserta didik dilakukan sesuai jadwal.

“Insya Allah rencana bulan Desember 2020 nanti akan dilaksankan rapat kerja pertama,” lanjutnya.

Dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan SDN Borong itu, telah terpilih Pengurus Gudep 06.029-06.030, Periode 2020-2023. Untuk Ketua Gugus Depan Putra, dipimpin M. Amin Syam,S.Pd, sedangkan Ketua Gugus Depan Putri, Evawaty Bahtiar,S.Pd. Selain itu, terpilih juga Neny Wahyuni, S.Pd sebagai Sekretaris, dan Sahrina S.Pd, sebagai Bendahara.

Amin Syam dan Evawaty Bahtiar merupakan guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SDN Borong. Pengurus baru ini menggantikan Ketua Gudep sebelumnya, Rosmiaty, S.Pd.I, yang sudah selesai masa jabatannya. Rosmiaty kini menjadi Pembina Gudep SDN Borong.

‘Semoga kepengurusan baru ini amanah dan Pramuka SDN Borong hidup kembali setelah vakum akibat pandemi Covid-19,” harap Evawaty Bahtiar.

Untuk Program Kerja Gudep SDN Borong, periode 2020-2023, antara lain terkait Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik diarahkan untuk peningkatan ketrampilan, baik terhadap Siaga maupun Penggalang. Untuk Siaga, meningkatkan latihan Pramuka Siaga dari jenjang Siaga Mula, jenjang Siaga Bantu, dan jenjang Siaga Tata. Untuk Penggalang, yakni pencapaian syarat kecakapan umum (SKU), meningkatkan latihan Pramuka Penggalang dari jenjang Ramu, jenjang Rakit, dan jenjang Terap.

Sementara itu, Amin Syam berharap kepada anak-anak agar tetap aktif di kepramukaan. Dia meminta anak-anak tetap disiplin dalam setiap latihan atau kegiatan yang dilakukan, baik di dalam sekolah maupun kegiatan yang diadakan di luar sekolah.

Anak-anak sendiri mengaku senang masuk Pramuka, sebagaimana dituturkan Rahmawati Yusra dan Nur Jannah M, keduanya murid kelas 6B. Rahma yang masuk Pramuka sejak kelas 4 mengungkapkan bahwa di Pramuka dia merasakan keseruan, di samping belajar agar bisa mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab, seperti bunyi Dasa Dharma.

Karena itu, tidak mengherankan jika Nur Jannah mengaku mulai bosan, walaupun bisa belajar secara daring selama dirumahkan. Dikatakan, belajar online kurang menyenangkan karena tidak ada teman cerita. Berbeda kalau belajar secara tatap muka di sekolah, di mana dia bisa bertemu dan bercanda dengan teman-temannya.(*)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya