Jusuf Kalla Hadiri ki Puncak Acara HUT KKSS ke-44

16 November 2020 14:50
Jusuf Kalla Hadiri ki Puncak Acara HUT KKSS ke-44
Pemukulan Bola Golf oleh Jusuf Kalla dan Pidato Ketum KKSS Sebagai Puncak Acara HUT KKSS ke-44

BugisPos —   Diawali pemukulan bola golf oleh M. Yusuf Kalla sebagai Ketua Kehormatan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) pagi hari dan pada siang harinya pidato Ketua Umum KKSS, Muchlis Patahna merupakan rangkaian puncak acara HUT ke-44 “KKSS Untuk Negeri” yang diadakan di Senayan Golf, Jakarta Selatan, Ahad (15/11/2020).

Acara yang berlangsung semarak, sudah jauh hari dipersiapkan oleh panitia hari ulang tahun KKSS dengan sangat memperhatikan protokol kesehatan yaitu: Pakai Masker, Cuci Tangan dan Jaga Jarak.

Kegiatan Dibagi Dalam Dua Sesi Acara

Pagelaran HUT KKSS ke-44 yang diselenggarakan hampir seharian penuh, dibagi dalam dua kegiatan acara yaitu pagi harinya dimulai dengan pertandingan golf yang dibuka oleh M. Yusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Kehormatan KKSS. Dan pada siang harinya acara puncak HUT ke-44 KKSS, nampak hadir: Aksa Mahmud (Ketua Dewan Penasehat), Muchlis Patahna (Ketum), Andi Sudirman Sulaiman (Wakil Gubernur Sulawesi Selatan), Hatta Ali (Dewan Penasehat), Jafar Hafsah (Ketua Dewan Pakar), Abdul Karim (Sekjen), Ali Duppa (Ketua Panitia), Sri Asri Wulandari (Bendum), Asmawi Syam, Farkan Umran, Andi Rukman Karumpa, Andi Jamaro Dulung, Hamdan Zoelva, Idrus Marham, Ibrahim Saleh, Idrus Paturusi, Nur Sadik, Awaluddin Tjalla, Jumrana Salikki, Ilham Nur Putri, warga dan pendiri KKSS yang hampir seluruhnya diwakili oleh Keluarganya (putra-putrinya).

Sambutan dan Pidato

Diacara puncak tersebut, dimulai oleh sambutan Ketua Panitia, Ali Duppa yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pengurus pusat dan warga KKSS yang sudah membantu terselenggaranya acara HUT ke-44 KKSS Untuk Negeri.

Pada pidato Ketua Umum KKSS, Muchlis Patahna menyampaikan: “KKSS seluruh daerah nusantara melakukan peringatan hari ulang tahun KKSS mengikuti situasi dan kondisi masing-masing daerah, yang disesuaikan dengan standar protokol kesehatan. Dan mengajak warga KKSS di manapun berada untuk senantiasa memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia tercinta.

“Sebagai organisasi paguyuban, KKSS akan dicintai oleh warganya bila berpegang pada prinsip ‘ininnawami ro denre sisappa sipudoko sirampe teppaja’ artinya ‘hanya pada jiwa itulah kita saling mencari, jika jiwa yang satu sakit maka jiwa yang lain juga akan sakit dan begitu sebaliknya’.” jelas Muchlis.

“Dalam konteks kebangsaan, nilai budaya orang Sulawesi Selatan dapat dianggap sebagai perekat kehidupan bersama melalui persamaan nilai-nilai dasar yang dianut bersama, sebagai acuan perilaku dalam kehidupan bersama suku-suku lainnya.” ucap Muchlis Patahna.

Lebih lanjut: “Dapat dijadikan sebagai transformasi budaya etnis nusantara menjadi budaya persatuan bangsa. Maka perayaan HUT KKSS ke 44 dengan tema ‘KKSS untuk Negeri’ sebagai perwujudan sikap oganisasi untuk mewujudkan pengabdiannya kepada negeri,” ucap Muchlis.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang ikut memberikan sambutan, mengapresiasi kiprah KKSS selama ini dan keberadaan warganya yang ada di mana-mana. “Di mana pun saya ke daerah selalu disambut oleh warga KKSS dengan antusias,” kata Sudirman yang hadir mewakili Gubernur Sulsel.

Di akhir sambutan dari para tokoh KKSS, Aksa Mahmud menyampaikan: “Bila KKSS harus dikuatkan lagi identitasnya (persatuannya), dengan mengambil contoh waktu melakukan perjalanan ke Afrika Selatan bersama M Yusuf Kalla, orang Bugis Afrika lebih memperkenalkan dirinya berasal dari Bugis Malaysia.” kata Aksa Mahmud.

Dilanjutkan pemotongan tumpeng yang lalu diserahkan Muchlis Patahna untuk diberikan kepada Sesepuh KKSS. Acara berikutnya dengan pemberian Award ke Para Pendiri KKSS.

Pemberian Plakat Kepada Pendiri KKSS

Pemberikan plakat kepada sejumlah pendiri KKSS yang hampir seluruhnya diwakili oleh keluarga yaitu, diantaranya:

Manai Sophian
Haji M. Asaad
Prof. Nurdin Shahadat
Andi Baso Amir
Letkol Pol. Andi Oddek
Brigjen TNI AD (Purn) Andi Sose
Drs. Ahmad Nurhani
Ny. PB. Saehu
Ny. S. Rabinah
ZA. Saleh Tompo, SH
Mayjen Abd. Aziz Bustam
Moh. Saleh Djindang
AZ. Arifin Amrullah
Prof. Dr. Baharuddin Lopa, SH
M. Yusuf Setya
Drs. A. Sellang
A. Aziz Daeng Masikki
Brigjen TNI (Purn) Abdul Malik
Basomang Nur Daeng Mattawang
H. Massiara Daeng Rapi
Yusuf Mallombassang
Asrul Aziz Taba
M. Arsyad
AB. Masseleng
Agus Sjahadat
M. Sanoesi

Diakhir Acara dilakukan Door Prize dan pembacaan puisi oleh Aspar Paturusi bersama istrinya yang mendapat tepuk tangan yang riuh dari hadirin KKSS. Artikel ini sudah tayang di Tigapilarnews.com. (fri)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya