ZHOELFIKAR

Madeceng, Polres Sinjai Amankan Kegiatan Kunker Gubernur Sulsel

07 January 2021 22:14
Madeceng, Polres Sinjai Amankan Kegiatan Kunker Gubernur Sulsel
Kegiatan pengamanan dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Sinjai Kompol Sunyoto, S.Sos selaku koordinator pengamanan dengan personel gabungan fungsi dan Polsek sesuai surat Perintah Kapolres Sinjai.

BugisPos –Polres Sinjai mengamankan kegiatan kunjungan kerja Gubernur Sulawesi Selatan Prof Dr. Ir. H.M Nurdin Abdullah, M.Agr diKab. Sinjai, Kamis 07 Januari 2021.

Kegiatan pengamanan dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Sinjai Kompol Sunyoto, S.Sos selaku koordinator pengamanan dengan personel gabungan fungsi dan Polsek sesuai surat Perintah Kapolres Sinjai.

Kedatangan Rombongan Gubernur Sulsel disambut langsung oleh Bupati Sinjai Ansi Seto Ghadista Asapa,SH.,LLM, Wakil Bupati Sinjai
Hj. Andi Kartini Ottong,SP.,MP
Kapolres Sinjai Akbp Iwan Irmawan S.Ik,M.Si, Unsur Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Sinjai Mappahakkang, Camat Sinjai Selatan Agus Salam, S.SIP, dan Kepala OPD terkait.

Setelah penjemputan, Gubernur Sulsel bersama rombongan menuju Kecamatan Sinjai Barat. Dan pada pukul 11.30 wita, tiba didusun Ambi Desa Bontolempangan, dan langsung melakukan peninjauan di Lokasi pembangunan jalan ruas Palampang – Munte – Bontolempangan.

Pada pukul 12.00 wita rombongan Gubernur Sulsel singgah dirumah lel. Sulle untuk melakukan dialog bersama warga dihadiri Camat Sinjai Barat Kades Bontolempangan lel. Mansyur beserta tokoh masyarakat dan Warga.

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,LLM dalam sambutannya yang intinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan Gubernur Sulsel sebagai Gubernur pertama yang menginjakkan kakinya di Dusun. ambi Kec. Sinjai Barat. Dan menjadi Sejarah bahwa ruas jalan di bonto lempangan akhirnya diaspal setelag beberapa tahun lalu sudah menjadi jalan propinsi shingga akhirnya jalan ini di benahi dengan anggaran yang cukup besar. “Jalan sebagai Alat peningkatan ekonomi masyarakat mengingat banyak potensi ekonomi di daerah terpencil namun susah terakses karn kondisi jalan.

“Terima kasih banyak diucapkan atas kehadiran bapak Gubernur yang telah memperhatikan daerah terpencil seperti kec. Sinjai Barat. Semgoa bapak Gubernur bisa terus melanjutkan pembangunan diProv Sulsel.

Sambutan Gubernur Sulsel yang menyampaikan bahwa sangat bangga pemerintah hadir untuk menyiapkan jalan yang baik bagi masyarakat, itu artinya Bupati punya perhatian terhadap rakyatnya yang telah berkali kali usulan tersebut disampaikan kepada pemprov sulsel.

“Seorang Pemimpin tidak usah tugas dikantor. Harus banyak keliling ke lapangan. Untuk memantau kebutuhan dan aspirasi masyarakat termasuk infrastruktur jalan. Insya allah pengerjaan jalan Bonto lempangan yang tersisa 6 kilo akan dituntaskan tahun ini.

“Talas satulimo jepang sudah dikembangkan waktu menjadi Bupati di Bantaeng. Orang jepang datang untuk minta di kembangkan produksi Talas satulimo. Dan produksinya minimal 20 ton 1 hektar dengan harga pasaran Rp. 8000 perkilo. Dan Talas tersebut Sangat cocok bagi penderita diabetes. Dan Bisa bahan membuat tepung untuk kue. Bagi ibu-ibu kandungan kolagennya tinggi untuk kecantikan. Disamping nilai ekonomi juga menyehatkan masyarakat.

“Kadis pertanian Sulsel akan suplay bibit dan pupuk. Kebutuhan akan talas itu sebulan mencapai 3000 ton dimana 80 persen disuplay oleh cina. Sudah ada uji lab ini kolagen tinggi dan antioksidan tinggi. Dan Pemprov juga Akan bantu untuk pengadaan sapi sehingga bisa mengembalikan produksi susu di sinjai barat. potensi Aren juga di kembangkan untuk dijadikan gula semut.

“Saat ini Vaksin Covid-19 sudah akan di bagi kedaerah setelah di vaksin semoga ada kekebalan tubuh sehingga tidak khawatir lagi dengan virus corona. Namun Untuk sementara tetap pakai masker tidak berkerumun dan antisipasi orang luar yang masuk kalau perlu isolasi dulu sebelum masuk ke masyarakat.

Pada pukul 12.40 wita rombongan Gubernur Sulsel makan siang dirumah warga atasnama lel. Talibe di Dusun Ambi, Desa Bontolempangan, Kecamatan Sinjai Barat. Dan pada pukul 14.20 wita rombongan Gubernur Sulsel tiba di Rujab Bupati Sinjai untuk Istirahat, Sholat dan Makan.

Lanjut, pada pukul 15.20 wita giat dilanjutkan di ruang Pola kantor Bupati Sinjai dalam rangka rapat pemaparan program strategis kab. Sinjai tahun 2021 yang dihadiri oleh Sekda Akbar Mukmin, Wakil Ketua DPRD, dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kab. Sinjai.

Dalam Paparannya Bupati Sinjai menyampaikan bahwa mensinergikan dan mewujudkan visi misi program pembangunan yang ada di Kab. Sinjai dengan program pembangunan Provinsi Sulsel, Akan membicarakan tentang kegiatan pelaksanaan Porda yang ke 17 tahun 2022 yang mana Kabupaten Sinjai sebagai salah satu kabupaten pelakasanaan porda.

“Pemaparan tentang Realisasi bantuan keuangan daerah tahun 2020 sebesar 20 miliar rupiah dimana dana tersebut digunakan untuk pembanginam islamic centre senilai 19,4 M sudah terlaksana fisiknya 71 persen. Pembangunan Tambatan perahu, dan Sosialisasi gisi seimbang dan ibu hamil untuk pencegahan stunting.

“Dalam hal pengembangan potensi wisata Hutan Mangrove Tongke- Tongke masih membutuhkan sarana dan prasarana dan dibutuhkan dana kurang lebih snilai 50 miliar. Dan bidang sumber daya air pembangunan bendungan di kecamatan bulupoddo bisa menciptakan jaringan irigasi dan sumber air di daerah bulupoddo sebagai daerah sawah tapi tadah hujan dan sumber air bersihnya kurang.

“Bidang kebinamargaan senilai 25 miliar berupa rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan sinjai dan bone yakni desa bana tompobulu – Bontocani Bone dan bisa dijadikan rintisan jalan bone – maros – makassar. Dan pembangunan lanjutan islamic centre senilai 12 miliar berupa pembangunan menara mesjid dan landscape.

“Pengawetan air dan pengendalian banjir dimana direkomendasikan bendungan sungai teko, pembangunan embung bontompare dan pembangunan kolam retensi, Dan keberlanjutan pembangunan dan Penanggulangan abrasi pantai di Sinjai Timur dan Tellulimpie.

Lanjut, Arahan Gubernur Sulsel bahwa pembangunan daerah tidak bisa hanya dengan mengandalkan APBD dan harus di dukung oleh anggaran dari tingkat atas dan pusat.

“Saat Berkunjung ke Sinjai Barat saya sangat bahagia melihat rasa gembira masyarakat yang telah menikmati jalan aspal. Dan sebagai daerah penyangga pangan nasional sangat menarik daerah irigasi lamore yang ada di Kecamatan Bulupoddo karena itu akan diberikan bantuan senilai 25 miliar.

“Pemprov masih akan mempertimbangkan usulan Pemda terkait permintaan bantuan penyelesaian islamic centre, akses jalan tongke-tongke mohon dipersiapakan saja. Dan saat ini Negara dalam kondisi sulit namun ekonomi harus terus bergerak kita berharap pertumbuhan ekonomi di dorong oleh belanja pemerintah. Olehnya itu bulan februari Pergub akan diserahkan supaya bisa dilakukan lelang lebih cepat sehingga perputaran ekonomi bergerak cepat.

“Vaksin Covid-19 Insya Allah serentak akan dilakukan ditanggal 13 mohon dinas kesehatan mempersiapkan data klinis masyarakat termasuk tenaga kesehatan Berapa hari ini mulai didistribusikan tinggal tunggu Bpom. Kalau ijin Bpom sudah ada maka akan didistribusikan ke daerah se Sulsel.

“Kesiapan Sinjai sebagai tuan rumah porda 2022 dibutuhkan penyempurnaan avenue sehingga mohon di buatkan perencanaan sehingga penyelanggaran porda jadi yang terbaik. Kedepan akan disiapkan Kab. sinjai menjadi penyelenggaran tunggal Porda.

“Perlunya meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan, menjaga imun, makan makanan bergizi, serta tidak stres apabila terjangkit virus Covid-19.

Pada pukul 17.00 wita rombongan Gubernur Sulsel melakukan peninjauan kelokasi obyek wisata hutan Mangrove desa Tongke- tongke Kec. Sinjai Timur turut hadir Calon Bupati Bulukumba Terpilih A. Muhtar Ali Yusuf.

Pada pukul 18.20 wita Rombongan Gubernur Sulsel meninggalkan Desa Tongke-tongke Kec. Sinjai Timur dan langsung melanjutkan perjalanan ke Kab. Bone dengan pengawalan Personil Sat Lantas Polres Sinjai. Situasi aman terkendali.

Sumber : Rasyid

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya