HTTP Status[404] Errno [0]

Ini mi Resep Ramuan “Kuat” Bupati Enrekang Diusia 64 Tahun

13 January 2021 17:37
Ini mi Resep Ramuan “Kuat” Bupati Enrekang Diusia 64 Tahun
Bupati MB, Diusia 64 Tahun

BugisPos — Di usianya yang sudah menginjak 64 tahun, Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd, hingga kini masih tetap fit. Ia dikenal sebagai salah 9satu kepala daerah yang energik dan penuh semangat.

Selain menjaga kesehatan, berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, MB dan keluarga juga rutin mengonsumsi ramuan benalu batu.

“Kalau melihat dari sisi biologis, seharusnya saya sudah tidak produktif. Namun karena pola hidup yang selama ini terus dibiasakan maka semuanya masih bisa saya lakukan. Salah satu yang dibiasakan adalah pola makan dan minum yang sehat,” ungkap MB.

MB menjelaskan benalu batu di Enrekang dikenal dengan nama Simbojang. Ia rutin minum seduhan ramuan ini, apalagi ditengah pandemi.

Istrinya, Johra MB sendiri yang membuatkan ramuan ini. Johra mengatakan Bumi Massenrempulu amat kaya dengan tanaman obat-obatan keluarga. Hal ini patut disyukuri dan dikelola dengan tepat.

“Sisa kita ketahui manfaat dan cara mengolahnya. Hampir semua jenis tanaman obat bisa dengan gampang kita temukan di Enrekang. Jahe, Kunyit, dan Benalu Batu,” kata Johra.

Oleh karenanya, Johra MB meyakini hidup sehat tidak mesti mahal. Kebiasaan hidup sehat dapat dimulai dari lingkungan keluarga masing-masing, dengan memanfaatkan tumbuhan dari sekitar kita.

Dilansir dari Sumber Sehat, berikut manfaat Benalu Batu yang sering dikonsumsi keluarga MB;

1. Mengobati Kanker
Khasiat benalu batu yang ramai dibicarakan masyarakat yaitu bisa mengobati kanker. Benalu batu memiliki kandungan zat yang bisa digunakan untuk mematikan sel-sel kanker yang ada tubuh, diantaranya yaitu senyawa saponin, senyawa tanin, senyawa flavonoid, dan senyawa polifenol.

Senyawa-senyawa tersebut merupakan senyawa yang sering ditemukan di alam obat penyakit kanker. Karena adanya senyawa itulah salah satu manfaat daun benalu batu yaitu bisa digunakan untuk mematikan sel-sel kanker yang mematikan. Cara untuk mengkonsumsi benalu batu ini biasanya direbus dan diminum air hasil ekstrak daun benalu tersebut.

2. Mengobati Epilepsi
Orang eropa sejak abad ke 16 menggunakan khasiat daun benalu batu sebagai obat herbal tradisional untuk berbagai masalah kesehatan syaraf, salah satunya adalah epilepsi. Penderita penyakit epilepsi, biasanya mengalami kesulitan untuk mengontrol gerakan tubuhnya sendiri.

Dengan menggunakan manfaat benalu batu ini, mereka mengobati gangguan kesehatan epilepsi. Mereka menyeduh daun daun benalu batu dan meminum ekstrak. Kebanyakan dari mereka membuktikan bagaimana ampuhnya obat herbal dari benalu batu ini.

3. Mengurangi Dengkur ketika Tidur
Memiliki dengkuran ketika tidur, mungkin bagi yang mengalami tidak akan merasakan apapun namun, akan sangat mengganggu bagi pasangan tidur. Bahkan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang mendengkur ketika tidak merupakan salah satu indikasi adanya penyakit di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan dan mengkonsumsi khasiat daun benalu batu.

Untuk mendapatkan dan bisa merasakan manfaat daun benalu batu, anda bisa mengolah daun benalu menjadi teh. Langkah pertama anda harus memilih daun, mencucinya dan mengeringkan daun tersebut. Setelah dira cukup kering, anda bisa menyeduh dan menambahkan sedikit madu atau gula.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah bukanlah sebuah penyakit yang sepele, karena tekanan darah akan menjadi sumber penyakit-penyakit lainnya, bahkan penyakit mematikan seperti stroke dan jantung. Anda bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi anda dengan menggunakan manfaat benalu batu dengan cara menyeduhnya atau merebus daun benalu batu.

5. Mengobati Radang Sendi
Penyakit peradangan pada bagian persendian atau biasa disebut dengan radang sendi umumnya dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Namun, penyakit ini tidak jarang juga menyerang orang orang yang masih muda belia. Nah, bagi anda yang memiliki keluhan penyakit radang sendi ini, anda bisa mencoba khasiat benalu batu untuk meredakan penyakit yang anda alami.

Sumber : Syafar

3915 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya