HM Hatta Rahman Mengikuti ki Tauwwa Suntik Vaksin Covid-19

14 January 2021 18:13
HM Hatta Rahman Mengikuti ki Tauwwa Suntik Vaksin Covid-19
Bupati Maros HM Hatta Rahman mengikuti suntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac di Puskesmas Lau, Kamis (14/01/2021). 

BugisPos — Bupati Maros HM Hatta Rahman dan beberapa unsur Forum Komunikasi  Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten Maros mengikuti suntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac di Puskesmas Lau, Kamis (14/01/2021).

Penyuntikan vaksin Covid-19 ini dilakukan pada pukul 10.00 wita. Dari 14 orang yang dijadwalkan akan mengikuti vaksin Covid-19, namun hanya 10 orang yang disuntik vaksin Covid-19.

Bupati Maros HM Hatta Rahman merupakan orang pertama di Maros yang disuntik vaksin covid-19. Sebelumnya bupati dua periode ini memang telah menyatakan sikap untuk siap disuntik vaksin covid-19.

“Hari ini kami sudah mengikuti vaksin covid-19. Yang disuntik pertama kali adalah unsur pimpinan. Sekaligus memberikan contoh ke masyarakat untuk tidak takut divaksin. Vaksin itu aman, sudah ada BPOM dan sertifikat MUI jadi halal untuk digunakan,” jelasnya.

Pelaksanaan vaksin untuk Forkopimda ini pun membuktikan, supaya seluruh masyarakat untuk ikhtiar melakukan vaksin. Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah menyudahi wabah ini.

“Apalagi Presiden Jokowi, sudah menjadi individu Indonesia pertama yang divaksinasi. Presiden sudah memberikan contoh terbaik. Insya Allah vaksin ini aman. Kami juga sebagai kepala daerah harus divaksin untuk memberikan contoh, bahwa divaksin itu aman untuk penggunaan vaksin bagi masyarakat,” jelasnya.

Hatta menjelaskan, meski telah digelar vaksin, namun bukan berarti pelaksanaan protokol kesehatan dilonggarkan. Masyarakat harus tetap mengenakan masker, rajin cuci tangan dan menghindari kerumunan. Karena ini menjadi kunci keberhasilan untuk bebas dari covid-19.

Karena pencanangan Vaksin Covid-19 sudah dilaksanakan kamis kemarin, maka untuk hari-hari selanjutnya akan terus dilakukan. Untuk tahap awal, tenaga kesehatan tetap menjadi prioritas. Kemungkinan ini akan dilaksanakan sampai bulan februari.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Lau, dr Darmawati menambahkan, pelaksanaan vaksin pertama di kabupaten Maros ini berjalan lancar. Diakuinya, dari beberapa unsur forkopimda dan Ketua DPRD Maros yang dijadwalkan untuk mengikuti suntik vaksin, ada beberapa diantaranya tidak disuntik vaksin, karena beberapa alasan.

“Ada sekitar 14 orang perwakilan dari beberapa instansi dan unsur Forkopimda yang dijadwalkan untuk ikut vaksin, ada 4 orang yang tidak divaksin, karena beberapa alasan, diantaranya karena ada yang pernah mengalami covid dan ada yang terkendala masalah kesehatan,” jelasnya.

Proses vaksinasi covid-19 ini akan diberikan dua kali. Mereka yang sudah divaksin akan divaksin dua pekan yang akan datang. Dan kemungkinan pelaksanaannya akan dilakukan di puskesmas Turikale.

Editor : Syahrul

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya