ZHOELFIKAR

Makkutanaki, Hasil Minim Forum BUMDes Malah Gelar Bimtek

14 January 2021 23:43
Makkutanaki, Hasil Minim Forum BUMDes Malah Gelar Bimtek
Gambar Ilutrasi

BugisPos – Dana desa disalurkan sejak tahun 2015 bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, namun hasilnya tidak terlalu memberikan kontribusi yang maksimal bagi pendapatan asli teruntuk bagi desa sendiri.

Miris mendapat kucuran dana Rp70 Milyar yang diperuntukkan kepada 324 BUMDes se- Kabupaten Bone, tidak sebanding dengan hasil pengelolaannya, Dana tersebut hanya bisa menghasilkan Rp1 Milyar atau kalau dipersentasekan cuma 0,014 % Pendapatan Asli Desa (Pades)

Malah ditengah kondisi BUMDes yang mengalami keterpurukan, Forum BUMDes malah melakukan kegiatan yang justru menghabiskan anggaran sekitar Rp600 juta untuk pelaksanaan Bimtek yang dilaksanakan pada bulan November tahun 2020.

Melalui Forum BUMDes melakukan kegiatan sebagai bentuk atas hasil pemeriksaan Inspektorat Daerah yang menemukan adanya bukti laporan yang tidak seragam dari Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) BUMDes, diduga hal tersebut terjadi karena pemahaman SDM yang masih dibawah standarisasi.

“Hasil pemeriksaan inspektorat beberapa tahun lalu menunjukkan ketidakseragaman LPJ BUMDes karena SDM yang masih di bawah standar” terang Ilham, Ketua Forum Bumdes Bone kepada awak media.

Terpisah, Pernyataan Kabid Pembinaan Ekonomi Desa DPMD Bone kepada awak media, Nasrullah, menyatakan bahwa pelakasanaan Bimtek oleh Forum Bumdes sudah sejalan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) BUMDes.

“Menurutnya merujuk AD/ART Forum BUMDes diharapkan ada peningkatan kapasitas jadi itu tidak masalah, karena kita (DPMD red) yang mau laksanakan, namun tidak ada anggaran” ungkap Nasrullah.

Pelaksanaan Bimtek yang diprakarsai Forum BUMDes bulan Nopember lalu, mengharuskan setiap BUMDes dikenakan biaya senilai Rp2 juta per 2 orang yang dilaksanakan di Hotel Helios Bone dengan menghadirkan nara sumber lokal dari pihak kepolisian dan kejaksaan yang dilaksanakan melalui 3 tahapan.

Sumber : Sadli

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya