ZHOELFIKAR

Ini mi Dua Kader PKS Makassar Ikut Ramaikan Kompetisi UMKM Nasional

16 January 2021 20:20
Ini mi Dua Kader PKS Makassar Ikut Ramaikan Kompetisi UMKM Nasional
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Pandemi bukan hanya mengganggu kebebasan banyak orang, merenggut kesehatan dan nyawa, tapi juga menghilangkan hajat hidup orang banyak, termasuk para pelaku UMKM.

Dilansir, ada 30 juta pengusaha UMKM yang tutup pada masa pandemi. Selain itu, UMKM mengalami banyak efek buruk pandemi seperti gangguan produksi, pembatalan kontrak, hingga PHK karyawan.

Sejak krisis moneter 1997-1998 hingga kini, UMKM menjadi penopang bagi penjagaan daya beli masyarakat. Sebab itu, PKS meluncurkan gerakan dan program nasional Grand Launching Program Nasional PKS Dukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang diinisiasi oleh Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi Kader (BPJE).

Kegiatan itu merupakan rangkaian acara Muskernas PKS 2021 yang digelar nanti. Lebih lanjut, informasi itu sudah sampai ke BPJE tiap wilayah yang tersebar di 34 provinsi yang akan bekerja sama sosialisasikan program launching. Pada Launching tersebut meliputi 3 program yaitu lomba cipta kreasi UMKM dan Lomba Foto UMKM, webinar edumotivasi dan Inspirasi UMKM, serta Branding, Publikasi dan Promosi.

Ketua BPJK DPW PKS Sulawesi Selatan, Ranto Ari Pratama, S.E, mengapresiasi kegiatan itu dan menyampaikan pendaftaran lomba sudah dibuka secara resmi, sifatnya untuk semua kalangan dan berharap peserta lomba dapat mengumpulkan hasil karyanya paling lambat 10 Januari 2021. Sedangkan webinar, kata dia akan dilaksanakan di setiap pekan sepanjang Januari 2021.

“Kalau lombanya sudah berlangsung, kebetulan saya penanggung jawab wilayah Sulawesi Selatan, Alhamdulillah sudah ada 2 orang pelaku usaha kecil yang sudah daftar dan siap ikut lomba. Lalu, kita akan dampingi terus hingga bisa tembus juara,“ ungkap pengusaha kuliner ini.

Saat dikonfirmasi, DPD PKS Makassar mengikutkan 2 kadernya, Yayu Agustin mendaftarkan kue lapis PKS dan Masiyah mendaftarkan sari kedelai murni untuk kategori kompetisi foto produk. Mereka mengaku senang mengikuti kompetisi itu dan bahkan ingin daftar lagi dengan produk berbeda.

Kompetisi foto produk UMKM ini diharapkan menjadi ajang sinergi yang baik antara pewarta foto dengan pelaku UMKM dalam menghadapi pandemi Covid-19 sehingga bisa berkembang dan maju sesuai dengan spirit gerakan dukung UMKM,” terang Ari.

Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah akan diumumkan pada gelaran Muskernas PKS 2021 nanti. Diketahui, panitia lomba mengatakan penilaian akan dilakukan secara objektif dan transparan oleh Dewan Juri yang ahli di bidangnya.

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya