TPA Regional MAMINASATA Masuk mi Tauwwa Renstra DPLH Sulsel

18 January 2021 19:48
TPA Regional MAMINASATA Masuk mi Tauwwa Renstra DPLH Sulsel
Kadis DPLH Sulsel Andi Hasdullah menyampaikan bahwa TPA regional dimaksud sudah diakomodir dalam perubahan renstra 2018- 2023

BugisPos — Salah satu perhatian Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah adalah bagaimana solusi penanganan sampah khususnya pada kawasan maminasata.

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada saat ini sudah over kapasitas seiring dengan makin bertambahnya jumlah sampah terutama sampah rumah tangga dan industri. Berdasarkan data yang ada produksi sampah di kota makassar telah mencapai seribu sampai 1.2 ton perharinya.

Menindaklanjuti melalui rapat evaluasi dan pemantapan program DPLH Sulsel 2020/2021 bertempat di ruang rapat Command Center kantor gubernur Sulsel 18/01/2021 yang dipimpin ketua tim TGUP Prof. Syamsu Alam juga menekankan perlunya TPA regional maminasata dapat segera didorong pelaksanaannya oleh DPLH Provinsi Sulsel.

Kadis DPLH Sulsel Andi Hasdullah menyampaikan bahwa TPA regional dimaksud sudah diakomodir dalam perubahan renstra 2018- 2023.

DPLH dengan tahapan perencanaan bahwa tahun 2021 akan menerbitkan kebijakan pedoman pelaksanaan pembangunan TPA regional maminasata dengan peraturan gubernur lalu kemudian ditahun 2022 melakukaan penyusunan fisibility study/ AMDAL/ DED dan selanjutnya diharapkan pada tahun berikutnya pembangunan TPAR dapat di laksanakan pada 2023.

“Kita akan kordinasikan dengan OPD tehnis dan pihak terkait. Lalu kemudian setelah pembangunan fisik TPAR selesai itu akan diambil alih pengelolaannya oleh DPLH provinsi Sulsel,” jelas Hasdullah

“Semoga tahapan ini bisa berjalan on schedule sehingga rencana TPA regional maminasata dapat terlaksana dan menjadi solusi pengelolaan persampahan yang menjadi keluhan dan perhatian masyarakat,” urainya lagi.

Dia menambahkan terkait sumber pembiayaan pembangunan TPA regional akan diupayakan di supporting dari dana ABPN tapi dari aspek perencanaan sudah kita lengkapi.

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya