Desa Minasa Upa Kembali Bagikan ki Tauwwa 61 Bak Air

25 January 2021 19:39
Desa Minasa Upa Kembali Bagikan ki Tauwwa 61 Bak Air
61 buah baik air tersebut bersumber dari Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2020.

BugisPos — Desa Minasa Upa kembali membagikan bak penampungan air berkapasitas 1.200 liter untuk warga dusun Sikapaya, Desa Minasa Upa Kec. Bontoa, Kab. Maros.

“Sebanyak 61 buah baik air tersebut bersumber dari Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2020”, katanya Rusman Kepala Desa Minasa Upa, Minggu (24/01/2021).

“Adapun syarat-syarat untuk mendapatkan bak air tersebut antara lain memiliki status atau Identitas di KK dan KTP nya sebagai warga Minasa upa, memiliki rumah pribadi yang jelas serta tinggal dan menetap di wlayah Desa Minasa Upa”, katanya Rusman.

“Desa Minasa Upa terdiri dari 21 RT dan 5 Dusun. Bagi warga yang memenuhi syarat tapi belum dapat bantuan bak air agar tetap bersabar karena pemerintah desa akan terus berupaya menuntaskan visi-misinya yang salah satunya adalah program bak air untuk setiap 1 Rumah Tangga”, tambahnya Rusman.

“Sejak Februari 2019 visi- misi kami sudah tertuang kedalam Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Desa (RPJMDesa 2019-2025), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDesa) sampai kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa 2019) yang telah disahkan oleh Ketua BPD Desa Minasa Upa”, lanjut Rusman.

Kepala Desa Minasa Upa Yakin 100% dalam 3 Tahun Jabatannya, program 1 Tandon/Bak Penampungan Air untuk 1 Rumah Tangga bisa tuntas, tapi Tuhan berkehendak lain Pandemi Covid-19 meluluhlantahkkan perekonomian Indonesia.

Dengan adanya wabah Covid-19 maka disitu pula Pemerintah Desa stagnan dalam merealisasikan visi dan misinya, balik haluan mengikuti regulasi dan aturan yang dikeluarkan oleh Presiden Bapak Jokowi.

Maka Kementrian Desa PDTT RI mengeluarkan Permendesa No.19 Tahun 2020- PMK No.40,50 Tahun 2020 dan Permendesa No.13 Tahun 2020-PMK No.222 Tahun 2020. Yang Mengatur Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, antara lain ; penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD), melakukan pembatasan aktivitas warga Desa, hingga menyemprotan disinfektan dan pembagian masker kepada warga desa.

Maka tahun 2020 sampe sakarang ini, masih dalam kondisi Pandemi Covid-19,

jadi pemerintah membangun dan mewujudkan visi misinya masih terbatas apalangi sekarang prioritas penggunaan Dana Desa di bidang pembangunan khususnya pembangunan fisik maksimal 50% hari orang kerja (HOK) jadi pembangunan tidak semua dapat di laksanakan oleh pemerintah Desa.

Mentri Desa PDTT RI Abdul Halim Iskandar meluncurkan program SDGs Desa prioritas pembangunan Desa 2021-2024 bertujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainebel Development Goals) dengan 18 Sasaran yang akan di capai di Desa.

Kepala Desa Minasa Upa Rusman berjanji kepada warganya akan menuntaskan 5 program andalannya di masa jabatannya sebagai Kepala Desa Minasa Upa sebelum masa jabatannya usai.

Sumber : Abrar
Editor : Syahrul

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya