ZHOELFIKAR

BTB Baznas Enrekang Datangkan ki Trainer Profesional di Posko Baznas Sulbar

26 January 2021 00:25
BTB Baznas Enrekang Datangkan ki Trainer Profesional di Posko Baznas Sulbar
BTB Baznas Enrekang Datangkan Trainer Profesional di Posko Baznas Sulbar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Bencana bumi 6,2 magnitudo yang menimpa Mamuju dan Majene Sulawesi Barat, beberapa hari yang lalu, mendadak dalam kehidupan, sering membawa dampak psikologis yang cukup berat. Bahkan jika perubahan tersebut sangat buruk bagi kehidupannya, dapat menjadikan trauma yang berkepanjangan.

Membuat sebagian warga terkena dampak maupun tidak, bahkan telah membuat perubahan mendadak dalam kehidupan sehari-harinya. Mereka biasanya hidup tenang, dibawah tempat tinggal yang nyaman, tiba-tiba harus tinggal di bawah tenda yang cukup memprihatinkan, akibat gempa.

Tidak hanya itu sejumlah anggota keluarga menjadi korban maupun tidak, bagi yang mentalnya tidak kuat menerima perubahan buruk tersebut, akan mengalami trauma. Bahkan mengarah pada ketidaksehatan jiwa.

Hal tersebut, Sulfhianingsih dari Tim BTB BAZNAS Enrekang mengatakan, untuk menyembuhkan trauma sosial, bagi warga yang terkena terutama pada anak anak, sangat membutuhkan waktu yang tidak singkat. Bahkan kalau pun sembuh, lingkungannya harus mendukung untuk tetap sehat jiwanya kembali, seperti kondisi rumah yang sudah baik,”tuturnya.

Nah, untuk menghilangkan trauma bagi keluarga korban gempa, salah satu terapi yang bisa dilakukan adalah dengan terapi trauma healing. Metode terapi trauma healing ini, dengan pelepasan persoalan sejenak tapi sangat bermanfaat, seperti berteriak, bernyanyi, mengunjungi tempat wisata dan kegiatan lainnya, sehingga dapat melupakan persoalan atau trauma, meski sejenak, kata Sulfhianingsih.

Trauma Healing, menurut Trisnawati trainer profesional yang di datangkan dari Enrekang mengatakan, tak bisa dihindari trauma atas bencana yang terjadi di Sulbar, maka yang bisa dilakukan adalah upaya penanganan paska bencana.

Saya sangat respon atas inisiasi tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) membuat pelatihan program penanganan Trauma healing atau psikososial masyarakat, dengan tujuan khususnya yakni meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan para anggota BTB Baznas untuk mengatasi, menghadapi para korban gempa di Sulbar.

Model penanganan dengan mengadakan kegiatan Trauma Healing oleh Tim BTB Baznas Enrekang memanggil saya untuk berbagi ilmu dan pengalaman, “ungkap Trisna.

BAZNAS Enrekang, menginisiasi pelatihan trauma healing tersebut, dengan mendatangkan Ibu Trisnawati seorang psikiater profesional dan sangat berpengalaman, sedangkan pesertanya adalah anggota dari tim BTB Daerah yang tergabung di posko BAZNAS Sulbar.

Sehari setelah pelatihan trauma healing tim BTB Baznas langsung terjun aksi kelokasi Desa Pati’di, Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju.

Laporan : M. Syafar


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya