Catatan Perjalanan ke Sulbar (11)

Ala-Ala Reality Show

10 February 2021 11:48
Ala-Ala Reality Show
Tim BugisPos.com Buka Forum cerita Santai bersama APJII dan Sekcam Sirindu

BugisPos — Setelah Mission Complete, kami beserta Tim APJII Peduli kembali ke Posko dengan hati puas dan bahagia. Puas karena telah menunaikan amanah yang diberikan kawan-kawan donatur, bahagia karena telah merasakan langsung kebahagian dari mata para pengungsi yang bahagia ketika proses take (memberi) and give (menerima) sumbangan berlangsung.

Segala canda tawa tumpah dalam senda gurau selama perjalanan pulang. 80 km tak terasa jauh lagi. Mulai dari A hingga Z kami bahas lagi tentu dengan bumbu-bumbu agar lebih mengundang tawa lagi.
Suasana yang tadi kaku dengan tim APJII Sirindu, cair seketika, apalagi kalau menyinggung “Ada yang begini kah”, semua pasti tertawa.

Menjelang magribh kita telah tiba di Posko Sirindu. Seperti biasanya, tuan rumah posko sudah menyediakan aneka makanan diatas meja. Namun kali ini Ali Mitos berpesan agar tak menyediakan makanan pada malam itu, karena telah berjanji akan malam bersama Pemerintah Kecamatan Pamboang di Posko Makan Gratis APJII.

Setelah mandi dan shalat, kami bersiap-siap untuk ke Posko Makan Gratis. Tidak seperti biasanya, saya mengarahkan agar tim memakai baju uniform BugisPos lengkap dengan ID Card. Saya sendiri dengan pakaian sedikit “berlebihan” dengan padanan celana robek yang terpaksa dipakai lagi karena cuma membawa satu celana panjang, tampil cukup couple dengan tim malam itu.
Sampai-sampai Ali Mitos, cukup pangling melihatku.
“Dehh, Om Awing… gammara (ganteng, gagah, necis) na sede” puji Ali sedikit heran. Saya hanya tersenyum dan bergumam dalam hati, “hmmm engkau tidak tau, apa yang saya rencanakan Tuan Baron (mengikuti adegan drama latino 1990an Litle Missy).

Sesampai disana, seluruh alat recorder kami persiapkan mulai dari kamera, stang kamera dan aspek view yang akan dishoot saya atur. Tak lama kemudian, pihak Pemerintah Kecamatan Pamboang yang diwakili Sekretaris Kecamatan hadir beserta istri. Setelah berbincang-bincang santai satu sama lain, saya kemudian memberikan kode kepada tim untuk bergerak sesuai rencana. Saya kemudian mengajak Sekcam, Ali Mitos (APJII) dan pengelola Posko (Alamsyah) untuk naik diatas teras untuk mendapatkan pengcahayaan yang lebih baik.

Seperti “kandang paksa” sayapun membuat ala-ala reality show pada malam itu. Tentu sebagai aktor utama saya menjadi moderator sekaligus pemandu acara, Ali (APJII), Sekcam dan Alamsyah (pengelola).

Diskusi berlangsung menarik dan berbicara by data dengan menampilkan secarik kertas tentang data pengungsi. Seluruh tim bekerja profesional, Yanti mendadak menjadi co produser yang dengan rempong mengatur sana sini. Zul yang sudah terbiasa dengan kerja sama denganku cukup kerepotan mendapat arahan dari co produser baru ala emak-emak rempong. Arul (Pak Lurah) dengan setelan PDH BugisPosnya sampai naik diatas kursi untuk mendokumentasikan moment reality show tersebut. Adi dengan kamera canon yang konon kabarnya dibeli di Jepang itu juga tak mau kalah membidik moment diskusi. Cuma Pak Anto yang berompi PERS yang asyik dengan HPnya mengawasi dari jauh, maklum sebagai produser malam itu dia ditugasi untuk mencatat krunya agar bekerja dengan baik.

Kurang lebih 30 menit diskusi berlangsung, bincang-bincang ala reality show ini berakhir dengan manis dan ditutup dengan foto bersama dan tentu tak lupa sebagai acara utama “acara mamma bersama” yang menjadi favoritnya.

Malam itu seluruh kru dan tim BugisPos & Collaboration Pray for Sulbar dan Tim APJI Peduli merasa puas dan bahagia.

Setelah tiba di Posko Induk Sirindu, kami habiskan malam dengan flash back lagi cerita dan kisah distribusi tadi. Karena asyiknya berbicara tak terasa saya seperti seorang pendongeng yang berbicara kepada para anak-anak, karena tanpa saya sadari, cuma saya sendiri yang duduk diatas kursi yang lain duduk lesehan menghadap kepadaku mendengarkan aku bercerita.

Tak terasa tengah malam.menghampiri, akhirnya saya arahkan untuk segera tidur, karena besok pagi kita akan kembali ke tanah air (maksudnya ke Makassar).

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya