HTTP Status[404] Errno [0]

Bila Pelantikan Bupati/Wali Kota Molor, Ini ji Sebabnya

13 February 2021 17:13
Bila Pelantikan Bupati/Wali Kota Molor, Ini ji Sebabnya

BugisPos — Jadwal pelantikan bupati/wali kota di Sulsel, yang telah dijadwalkan berlangsung tanggal 17/2/21, bisa tepat waktu tapi juga bisa molor beberapa hari.
Karo Pemerintahan dan Otoda Pemprov Sulsel, Hasan Basri Ambarala dikonfirmasi BugisPos.com, Sabtu, 13/2/21, tak berhasil.
Mamun sumber BugisPos di Kemendagri menjelaskan, Sabtu,13/3/21, kerja keras sedang dilakukan atas pembuatan lebih 150 SK pelantikan serentak demi memenuhi jadwal pelantikan tanggal 17/2/21,
Mamun bisa saja molor beberapa hari, antara lain disebabkan karena usulan dari daerah datang dengan tidak bersamaan. Padahal yang namanya Pilkada serentak, kepala daerah terpilih juga mesti dilantik serentak.
Karena itulah, kata sumber tersebut, Kemendagri telah menyurati sejumlah gubernur, agar mempersiapkan penunjukan Sekda setempat sebagai Pelaksana Harian (PLH) untuk waktu 7 hari.
Hal ini dilakukan untuk menghindari kekosongan pimpinan pemerintahan di daerah setempat.
Untuk kota Makassar, kata sumber tersebut, tidak perlu menunjuk Sekda sebagai Plh, sebab Pj Wali Kota masih ada sampai pelantikan Wali Kota yang mungkin saja molor beberapa hari dari jadwal.
Dikatakan, sampai detik-detik menjelang tanggal 17/2/21, bila ternyata semua SK rampung tanggal 16/2 misalnya, maka sangat mungkin pelantikan serentak dilakukan oleh gubernur sesui jadwal.
Namun bila penerbitan SK nya molor beberapa hari, maka otomatis pelantikannya juga akan molor beberapa hari.
Yang pasti, kata sumber tersebut, urusan molor atau pelantikan tepat waktu, itu urusan Kemendagri, bukan urusan gubernur setempat (*)

301 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya