Naoemi Octarina: Dekranasda Sulsel Terus ki Melakukan Program yang Sejalan Dengan Dekranas Pusat

04 March 2021 10:35
Naoemi Octarina: Dekranasda Sulsel Terus ki Melakukan Program yang Sejalan Dengan Dekranas Pusat
Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina mengikuti secara virtual.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2021 digelar, Rabu (3/3/2021).

Dengan mengusung tema “Perajin Sehat, Perajin Hebat, Indonesia Maju”, Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina mengikuti secara virtual.

Rakernas yang berlangsung selama dua hari hingga Kamis (4/3/2021) besok dibuka oleh Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin. Dengan tema yakni “Perajin Sehat, Perajin Hebat, Indonesia Maju”.

Yang diikuti oleh para pengurus Dekranas, Ketua/Wakil Ketua Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia.

Dalam arahannya, Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin mengajak para Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk pendampingan kepada pengrajin dan UMKM dengan pendekatan digitalisasi.

“Diharapkan kegiatan kita nantinya selaras dengan pemerintah yaitu untuk mengangkat kembali kinerja perindustrian dan UMKM, khususnya di masa pandemi sehingga memberi manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian Indonesia,” jelasnya.

Wury pun menghimbau, untuk tetap memperhatikan dan turut mensosialisasikan protokol kesehatan dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Ia mengatakan, jika pentingnya suatu kerajinan dengan memadukan kearifan lokal dan perkembangan dunia fashion. “Kerajinan harus tetap memperhatikan design dan teknologi serta kualitas,” pungkas.

Selain itu, para pengurus di masing-masing Ketua Bidang Dekranas memaparkan rencana kerja untuk kedepannya. Mulai tentang pendampingan, pembinaan, pengemasan hingga pemasaran hasil UMKM.

Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina menyampaikan, Dekranasda Sulsel akan terus melakukan terobosan dan inovasi untuk pendampingan bagi UMKM dan pengrajin.

Terlebih lagi, kata dia, Sulawesi Selatan pun banyak hasil karya pengrajin dan UMKM.

“Dekranasda Sulawesi Selatan akan terus melakukan program-program yang sejalan dengan Dekranas Pusat, dengan tujuan mengembangkan kerajinan dan produk UMKM yang bisa berdaya saing serta menciptakan kemandirian ekonomi,” ungkap istri Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Sebelum mengikuti Rakernas ini, Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina telah menghadiri acara syukuran 41 Tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) secara virtual.

Editor : Syahrul


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya