Pemkab Kep. Selayar Terima Penghargaan Terbaik I Pinisi Sultan Award 2021

08 March 2021 20:49
Pemkab Kep. Selayar Terima Penghargaan Terbaik I Pinisi Sultan Award 2021
Penghargaan itu diterima langsung oleh bapak Muh. Basli Ali sebagai Bupati.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Pinisi Sultan Award tahun 2021 yang merupakan kerjasama antara pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi SulSel hari ini memberikan penghargaan bagi beberapa daerah dengan berbagai kategori.

Pinisi Sultan Award tahun 2021 yang merupakan singkatan dari Percepatan Investasi, Perdagangan, dan Pariwisata Sulawesi Selatan, digelar hingga Selasa, 9 Maret 2021 di Hotel Four Point Makassar dengan menghadirkan Bupati/Walikota se-Sulawesi Selatan serta satuan-satuan kerja perangkat daerah (OPD) dari 24 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Kabupaten Kepulauan Selayar dalam kegiatan tersebut menerima penghargaan terbaik 1 kategori perdagangan yang diserahkan langsung oleh Andi Sudirmam Sulaiman selaku Plt. Gubernur Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah, kita dinobatkan sebagai terbaik 1 kategori perdagangan. Penghargaan itu diterima langsung oleh bapak Muh. Basli Ali sebagai Bupati,” singkatnya Hizbullah selaku Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkum) Kabupaten Kepulauan Selayar, Senin (8/3/2021).

Ia menjelaskan bahwa Pinisi Sultan Award ini adalah forum percepatan investasi provinsi Sulawesi Selatan yang pada kegiatan hari ini ada 4 kategori yang diberikan penghargaan.

“Yang pertama adalah bidang investasi, kedua adalah bidang pariwisata, ketiga bidang perindustrian dan yang keempat di bidang perdagangan. Alhamdulillah kita terbaik pertama di bidang kategori perdagangan sebagai penggiat perdagangan,” imbuhnya.

Ada beberapa alasan mengapa Kabupaten Kepulauan Selayar dinobatkan sebagai terbaik pertama kategori perdagangan pada Pinisi Sultan Award 2021 ini.

“Untuk memperoleh penghargaan yang dinilai adalah fasilitas. Karena sampai saat ini, yang disiapkan oleh pemda yaitu pasar sekitar 40 pasar yang di bangun baik yang bersumber dari APBD, DAK, maupun APBN ataupun bantuan. Karena pasar yang menentukan roda perekonomian masyarakat kita. Yang kedua segala kebutuhan masyarakat kita itu alhamdulillah semua terpenuhi dan kita tidak kekurangan, itu menandakan lancarnya perdagangan kita baik yang masuk ataupun keluar,” jelasnya.

Hizbullah menyampaikan bahwa arus perdagangan masuk dan keluar di Kabupaten Kepulauan Selayar baik melalui jalur penyeberangan ferry, Tol laut ataupun melalui Pelindo juga menjadi peranan penting.

“Berbagai komoditi yang ada di Selayar itu baik yang masuk ataupun mengirim alhamdulillah itu semua lancar karena ada beberapa pintu misalnya melalui ferry dari Pamatata-Bira, Tol laut dan juga melalui pintu Pelindo IV. Termasuk juga kebutuhan-kebutuhan masyarakat kita yang ada di 5 Kecamatan Kepulauan karena kapal-kapal rakyat kita juga lancar dan kebutuhan mereka semua bisa terpenuhi,” paparnya.

Menurutnya, penghargaan Pinisi Sultan Award 2021 diberikan ke Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai terbaik I kategori perdagangan karena arus keluar masuk barang lancar dan fasilitas atau infrastruktur untuk roda perekonomian itu terpenuhi.

“Kami berharap, tentu apa yang sudah disiapkan oleh pemerintah seperti pasar dan sebagainya bisa dimanfaatkan secara maksimal, dalam artian bukan berarti kita belum manfaatkan tetapi kita harus lebih maksimal lagi karena roda perekonomian itu ditentukan oleh aktivitas yang ada di pasar. Kota berharap dengan aktivitas di pasar bisa tetap lancar dan kedepannya, semua komoditi-komoditi kita itu jelas pasarkan kemana sehingga masyarakat bisa terbantu dengan lancarnya semua itu akan meningkatkan ekonomi atau kesejahteraan masyarakat kita,” tukasnya.

Hingga saat ini, di Kabupaten Kepulauan Selayar sudah ada beberapa komoditi yang dikirim ke beberapa daerah.

“Kalau komoditi kita ada yang dikirim ke Makassar, ada yang dikirim ke Surabaya melalui Makassar dan ada yang langsung dari Selayar ke Surabaya”.

Untuk jenis komoditinya seperti kopra, kelapa biji, arang tempurung, pernah juga cengkeh.

Sumber : Ucok Haidir
Editor : Syahrul


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya