Kadis PLH Sulsel : Dugaan Kebocoran PAD UPT LB 3, Salah Kaprah dan Mengada-ada ki Cappo

21 March 2021 11:27
Kadis PLH Sulsel : Dugaan Kebocoran PAD UPT LB 3, Salah Kaprah dan Mengada-ada ki Cappo
Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel, Ir. H. Andi Hasdullah, M.Si
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel, Ir. H. Andi Hasdullah, M.Si menyayangkan tuduhan dugaan kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) LB 3 ditujukan pada dirinya.

Andi Hasdullah ketika dikonfirmasi langsung oleh BugisPos, Minggu (21/3/2021), menyebutkan bahwa dugaan kebocoran PAD yang dikelola UPT LB3 yang ditujukan pada dirinya sangat dia sayangkan karena pihak media bersangkutan tidak melakukan klarifikasi sebelumnya.

Sehingga berita itu membuatnya merasa terganggu karena hal itu tidak berdasar dan salah kaprah karena ia sebutkan bukan dirinya yang langsung mengelola LB3 itu melainkan itu ada pada otorisasi UPTD LB3, walaupun secara tupoksi lembaga itu berada dibawah DPLH Sulsel-

Dia pun mengatakan bahwa dia bertugas sebagai Kadis PLH nanti awal tahun 2020, sedang untuk tahun 2019 dirinya menjabat sebagai Kadis Kominfo-SP Sulsel.

“UPTD LB3 secara kelembagaan berada memang dibawah DPLH sulsel maka sejak ia bertugas di DPLH untuk melakukan fungsi pengawasan dan memastikan tertib pengelolaan LB3 termasuk pengawasan terhadap PAD maka dibuatnya sistem bayar mandiri dan online yakni transposter sendiri yang bayar langsung ke bank BPD Sulsel sesuai invoice jumlah B3 yang mareka masukkan. Kemudian bukti setoran pelunasan itu dikembalikan ke UPTD untuk pencatatan pemasukan dan pelunasan PAD tersebut,” jelasnya rinci.

“Setahu saya dengan sistem bayar mandiri pihak transporter maka di UPT itu tidak menerima uang secara tunai,” urainya lagi.

“Untuk laporan pengelolan Kepala UPT LB3, dalam hal ini saudara Tamrin untuk tahun 2020 dari target PAD sebesar 5 milyar justru mareka mampu capai PAD sebesar 6 milyar lebih,” tukasnya.

“Sistem penerimaan non tunai langsung ke kas daerah untuk pastikan tak ada kebocoran PAD di UPT LB3,” pungkas Kadis PLH Sulsel tegas.

Hasdullah juga menekankan terkait tatakelola PAD di UPT LB3 itu dia pastikan akan di audit secara reguler baik oleh APIP maupun auditor lainnya.

Untuk keperluan akuntabilitas Hasdullah akan segera minta untuk diaudit.


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya